Sayuran hijau/mogreenjuice.com
Health

Hindari Kanker Payudara dengan 6 Makanan Ini

Redaksi
Minggu, 1 Oktober 2023 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker menjadi salah satu penyakit paling menakutkan karena memiliki risiko kematian yang cukup tinggi. Bagi para wanita, penyakit kanker yang paling ditakutkan adalah kanker Payudara.

Sebagai informasi, kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang payudara dan paling sering terjadi pada wanita. Kanker ini terjadi karena kerusakan pada DNA dan juga mutasi genetik.

Secara umum faktor penyebab kanker payudara ialah genetika, gaya hidup, hingga pola makan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pola gaya hidup seperti merokok, minum minuman beralkohol atau minuman keras, dan terpapar estrogen memiliki risiko terkena kanker payudara paling tinggi.

Sementara itu, pola makan yang tidak diatur seperti mengkonsumsi makanan cepat saji, daging olahan, makanan yang digoreng, tambahan gula pada makanan, hingga karbohidrat olahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk itu, perlu diperhatikan gaya hidup hingga pola makan agar dapat mengurangi risiko kanker. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan burger atau dapat mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi risiko kanker payudara.

Melansir healthline.com berikut makanan yang dapat mengurangi risiko kanker:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau yang dapat dikonsumsi adalah seperti, kubis, arugula, bayam, sawi hijau, dan chard.

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

2. Sayuran kucifer

Sayuran kucifer seperti kembang kol, kubis, dan brokoli, dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Hal ini karena sayuran kucifer mengandung senyawa glukosinolat, yang dapat diubah oleh tubuh Anda menjadi molekul yang disebut isothiocyanates. Ini memiliki potensi antikanker yang signifikan.

3. Sayuran allium

Sayuran allium seperti bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang memiliki beragam nutrisi, termasuk senyawa organosulfur, antioksidan flavonoid, dan vitamin C. Nutrisi tersebut memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah risiko kanker.

4. Buah Jeruk

Buah jeruk dan kulitnya kaya akan senyawa yang dapat melindungi dari kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin. Nutrisi ini memiliki efek antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel, dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Lemak omega-3, selenium, dan antioksidan seperti astaxanthin dapat memberikan efek perlindungan terhadap kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan berlemak secara spesifik dapat mengurangi risiko kanker payudara.

6. Kacang

kacang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Secara khusus, kandungan seratnya yang tinggi dapat melindungi terhadap kanker payudara.

Sebuah penelitian yang melibatkan 4.706 wanita menemukan bahwa asupan kacang-kacangan yang tinggi mengurangi risiko kanker payudara hingga 20% dibandingkan dengan asupan kacang-kacangan yang rendah. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro