Pebalap MotoGP Mandalika 2023 melakukan warm up yang menandakan pertandingan segera dimulai/Bisnis.com-Andhika Wening
Travel

MotoGP Mandalika Catat 102.929 Penonton

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 Oktober 2023 - 16:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penonton Indonesian GP 2023 mencapai sebanyak 102.929 penonton, meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 102.801 selama 3 hari penyelenggaraan.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, dengan tambahan jumlah penonton tersebut, mereka optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP™ dapat melebihi capaian tahun lalu yakni lebih dari Rp 4,5 triliun.

Dia juga berharap ajang olahraga internasional ini menjadikan Mandalika sebagai sport tourism tanah air. 

IndonesianGP tahun ini ditutup dengan pergelaran musik yang menampilkan sejumlah musisi seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL. Pegelaran musik ini dapat disaksikan penonton di area Zona Merdeka.

“Ini merupakan wujud komitmen kami guna mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi unggulan sport tourism di Indonesia sekaligus meningkatkan country branding Indonesia,” ujar Ari.

Tahun ini, juga lebih banyak UMKM dan talenta dari NTB untuk memeriahkan event ini. Tercatat sebanyak 300 lebih UMKM NTB terlibat dalam event ini. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peningkatan jumlah akomodasi di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, hingga 30 persen di tahun depan.

Menparekraf Sandiaga saat meninjau sejumlah homestay di kawasan Mandalika, Minggu (15/10/2023) mengatakan peningkatan jumlah akomodasi ini diperlukan untuk memperkuat daya tampung wisatawan yang minat kunjungannya terus meningkat.

"Tingkat hunian di sini (rata-rata) sudah di atas 50 persen. Alhamdulillah," kata Menparekraf Sandiaga dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Terlebih ketika berlangsung event-event besar seperti MotoGP, WSBK, dan berbagai event sport tourism lainnya di Pertamina Mandalika International Circuit.

Tidak hanya di hunian-hunian seperti hotel tapi juga homestay. Bahkan homestay juga sarana hunian pariwisata (Sarhunta) menjadi pilihan utama lainnya dari wisatawan mancanegara karena mereka ingin mendapat pengalaman lebih dengan merasakan tinggal dan melihat kehidupan dan budaya masyarakat secara langsung.

Untuk itu pemerintah menargetkan jumlah akomodasi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika dapat meningkat 20 hingga 30 persen di tahun depan. Saat ini jumlah kamar di Mandalika mencapai 2.000 kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro