Jus jeruk
Health

10 Makanan Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang masa pancaroba dari musim panas ke musim hujan biasanya orang akan mudah terkena penyakit.

Karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Caranya tentu saja dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Sistem kekebalan adalah jaringan kompleks sel, jaringan, dan organ yang mengidentifikasi patogen potensial, seperti bakteri, virus, atau jamur ketika memasuki tubuh Anda dan mengambil langkah-langkah untuk menetralisir ancaman tersebut. Banyak vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif lainnya dalam makanan berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian, nutrisi yang paling penting untuk kekebalan tubuh antara lain vitamin A (beta-karoten), B, C, D, E, asam folat dan asam linoleat, tembaga, besi, selenium, dan seng. Menurut penelitian, kekurangan nutrisi ini dapat membahayakan kemampuan tubuh Anda untuk menangkis patogen.

Melansir Eat This Not That, ada beberapa makanan juga yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit berikut ini

1. Buah beri

Apakah Anda memilih blueberry, stroberi, blackberry, atau raspberry, semua buah beri mengandung vitamin C dan antioksidan untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat, menurut artikel ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Molecules.

Buah beri berwarna merah cerah, biru, ungu, dan hitam menunjukkan bahwa buah tersebut kaya akan antosianin yang bermanfaat. Banyak antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Menurut penelitian, senyawa tersebut memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan kekebalan tubuh.

2. Bawang putih

Ada lebih dari 5.000 artikel penelitian yang diterbitkan tentang bawang putih dan perannya dalam fungsi kekebalan tubuh. Menurut University of Rochester, alliin merupakan senyawa bioaktif utama dalam bawang putih, dan alliin berperan sebagai agen antibakteri. 

Bawang putih juga mengandung allicin, yang bertindak sebagai antibiotik alami. Bawang putih telah lama digunakan sebagai agen antiseptik, antibakteri, dan antijamur serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu menangkal virus dan patogen lainnya.

3. Sayuran berdaun hijau

Menurut ahli diet terdaftar yang berbasis di Phoenix, Rhyan Geiger, RDN, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, arugula, dan sayuran berdaun hijau lainnya mengandung vitamin C dan antioksidan seperti beta karoten dan sangat bagus untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh Anda.

Sayuran hijau mengandung beberapa nutrisi yang terkait dengan peningkatan kekebalan, termasuk serat untuk kesehatan usus, vitamin C, beta-karoten, dan ratusan senyawa bioaktif. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Nutrients melaporkan bahwa di Ikaria, Yunani, salah satu dari lima "Zona Biru" di dunia—yang mewakili wilayah tersehat di planet ini—penduduk umumnya menikmati sayuran pahit sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka.

4. Sayuran kucifer

Sayuran cruciferous yang populer ini menyediakan bioaktif unik yang secara langsung dapat meningkatkan kekebalan Anda. Menurut sebuah penelitian di jurnal Cell, sayuran cruciferous memiliki dampak langsung pada sinyal kimia yang memicu limfosit intra-epitel, yaitu kelas sel kekebalan penting yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen. Para peneliti melaporkan bahwa dalam studi model hewan ketika hewan tidak diberi sayuran silangan dalam makanannya, sekitar 70-80% sel pelindungnya menghilang.

5. Ubi jalar

Daging ubi jalar berwarna jingga cerah mencerminkan kandungan antioksidan dari sayuran akar bergizi ini, jelas ahli diet terdaftar Sarah Schlichter, MPH, RDN. Antioksidan tidak hanya bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga berperan dalam memperkuat pertahanan kekebalan tubuh.

“Ubi jalar berukuran sedang menyediakan lebih dari 100% vitamin A (dalam bentuk beta-karoten) yang Anda butuhkan sepanjang hari.” Sebuah penelitian melaporkan bahwa ubi jalar bisa menjadi cara untuk mencegah kekurangan vitamin A. Terlebih lagi, ubi jalar mengandung sekitar 40% dari kebutuhan vitamin C harian Anda, dan juga mengandung serat, potasium, dan magnesium.

Untuk tambahan cepat pada diet Anda, masukkan ubi jalar ke dalam microwave dan nikmati kentang tumbuk. Ubi jalar tumbuk dapat dinikmati sebagai lauk atau dimasukkan ke dalam smoothie, makanan panggang, dan sup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro