Alpukat/boldsky.com
Health

10 Makanan Ini Ternyata dapat Bantu Turunkan Berat Badan

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi idaman banyak orang. Banyak cara yang dilakukan untuk memiliki berat badan ideal, mulai dari rutin berolahraga, mengatur pola makan, hingga menghindari makanan yang dipercaya sebagai penyebab kenaikan berat badan.

Namun faktanya, beberapa makanan yang sering dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan ternyata memiliki rahasia yang mengejutkan, yaitu makanan-makanan tersebut dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Melansir beberapa sumber, Rabu (18/10/2023), berikut adalah 10 makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Selai kacang

Dikemas dengan lemak sehat dan protein, selai kacang dapat membantu tubuh tetap kenyang dan mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan. Namun, pilihlah selai kacang alami yang mengandung sedikit gula dan pengawet.

2. Yogurt rendah lemak

Menurut penelitian, produk susu tanpa lemak tidak akan menambah berat badan. Faktanya, mengonsumsi produk susu dapat mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak.

Yogurt tanpa lemak kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan berperan dalam menjaga berat badan.

3. Cokelat hitam

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, cokelat hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Cokelat hitam memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

4. Alpukat

Terlepas dari teksturnya yang lembut dan padat kalori, alpukat menawarkan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan serat yang dapat mencegah rasa lapar.

Sebuah studi cross-sectional National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat secara teratur memiliki berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

5. Telur

Menurut sebuah studi tahun 2020, mengonsumsi telur sebagai makanan pertama di pagi hari dapat membantu memuaskan rasa lapar. Hal ini karena makanan ini padat nutrisi dan kaya protein, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan.

6. Kacang

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang setiap hari berkaitan dengan penurunan berat badan dalam jangka panjang dan risiko obesitas yang lebih rendah.
Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete padat kalori namun kaya akan lemak sehat, protein, dan serat. Porsi kecil dapat memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan

7. Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting dan serat yang dapat memberikan rasa kenyang pada tubuh.

Pisang juga membantu feses bergerak di sepanjang saluran usus dan mengurangi kadar lemak dalam darah dengan mengurangi lipoprotein densitas rendah untuk membantu menurunkan berat badan

8. Keju

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memasukkan produk susu rendah lemak yang kaya kalsium, seperti keju ke dalam makanan rendah kalori dapat membantu Anda menurunkan berat badan sekaligus melindungi kesehatan tulang.

9. Kentang

Kentang adalah makanan bebas gluten yang mengandung banyak kalium dan merupakan sumber vitamin B6 dan vitamin C yang baik.

Kentang adalah salah satu makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Anda bisa mencoba untuk merebusnya atau dipanggang dengan topping sehat seperti tumis brokoli untuk pilihan lain yang lezat.

10. Beras merah

Serat yang terkandung dalam beras merah dapat memberikan rasa kenyang dan membantu menjaga berat badan. Selain itu, vitamin B1 dan B6, magnesium, selenium, dan fosfor yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat bagi tubuh. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro