Asparagus memiliki khasiat bagi kesehatan dan bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. /myfoodbook.com.au
Health

Ini 10 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pasangan muda yang ingin segera memiliki anak, maka jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Dilansir dari berbagai sumber, makanan sehat dan lifestyle sangat berpengaruh pada kesuburan seseorang. Kenali makanan yang bisa menjaga keseimbangan hormon kesuburan.

Ini 10 makanan yang bisa meningkatkan kesuburan:

1. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan serat dan protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengganti protein hewani dengan sumber protein nabati dapat mengurangi risiko infertilitas ovulasi. Kedua kacang-kacangan ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik, komponen penting yang membantu pembuahan dan membantu perkembangan embrio yang sehat.


2. Biji Bunga Matahari

Mengonsumsi biji bunga matahari adalah cara mudah untuk membantu menjaga tingkat sperma yang tepat tanpa melakukan perubahan pola makan yang besar. 

Biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Biji bunga matahari juga menawarkan sejumlah besar seng, asam folat, dan selenium. Semuanya merupakan nutrisi kesuburan yang kuat dengan manfaat yang luar biasa.

biji bunga matahari bermanfaat bagi kesuburan
biji bunga matahari bermanfaat bagi kesuburan


3. Buah

Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan beri kaya akan vitamin C dan asam folat, yang memberikan pertumbuhan janin yang sehat setelah pembuahan. 

Raspberry, blueberry, dan stroberi semuanya mengandung antioksidan alami dan  fitonutrien anti-inflamasi, dua komponen yang sangat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. 

Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan asupan buah yang tinggi mempunyai kemungkinan penurunan infertilitas secara signifikan. 


4. Alpukat

Alpukat kaya akan Vitamin K, potasium, dan folat yang membantu tubuh dalam banyak hal mulai dari  penyerapan vitamin, pengaturan tekanan darah, dan banyak lagi. 

Selain itu, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat) yang menawarkan banyak serat makanan dan asam folat yang sangat penting selama tahap awal kehamilan.


5. Biji Gandum

Biji gandum adalah gandum utuh yang luar biasa karena tidak hanya bebas karbohidrat, tetapi juga merupakan sumber protein, seng, dan asam folat yang sempurna.

Secara keseluruhan, komponen-komponen ini memberikan rencana perlindungan prenatal yang kuat, sekaligus menjaga pertumbuhan janin yang sehat setelah kehamilan terjadi. 

Selain itu, biji gandum mengandung asam amino esensial yang ditawarkan produk daging tanpa bahan tambahan apa pun yang berpotensi membahayakan.

6. Yogurt dan Keju Yunani

Makanan berlemak sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Yoghurt dan keju Yunani mengandung kalsium,  probiotik , dan vitamin D, yang semuanya membantu meningkatkan ovulasi. 

Selain itu, tubuh akan menerima banyak protein dari setiap makanan, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan melalui siklus ovulasi yang lebih tepat.

ikan salmon berkhasiat bagi kesuburan
ikan salmon berkhasiat bagi kesuburan

7. Ikan salmon

Untuk menambah lebih banyak lemak sehat,  salmon menawarkan banyak protein dan omega-3 berharga  yang meningkatkan perkembangan janin selama kehamilan. 

Pria juga mendapat manfaat dari mengonsumsi salmon karena kandungan vitamin D dan seleniumnya yang tinggi, dua komponen yang meningkatkan kadar air mani dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan. 

Perlu diingat, yang terbaik adalah membeli salmon hasil tangkapan liar untuk mengurangi keberadaan merkuri, yang dapat berbahaya bagi kehamilan jika dikonsumsi terlalu banyak. Agar aman, batasi asupan salmon menjadi satu atau dua kali seminggu.

8. Asparagus

Asparagus adalah makanan pembangkit tenaga dengan manfaat luar biasa bagi kamu yang mencoba untuk hamil. 

Studi menunjukkan bahwa makan satu mangkok asparagus rebus akan memberi lebih dari 60% dari nilai asam folat harian yang direkomendasikan, memenuhi nilai vitamin K harian, dan memperkuat kesehatan reproduksi dengan lebih dari 20% vitamin A, C, dan B.

Asparagus juga mengandung sejumlah besar seng dan selenium, jadi pria juga harus mengkonsumsi ini secara rutin. 


9. Kenari

Kacang kenari kaya akan omega-3 dan omega-6 yang membantu tubuh  menjaga kesehatan fungsi otak dan mengatur hormon. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi kenari secara teratur akan mengalami peningkatan kesehatan air mani, sehingga menghasilkan motilitas, kuantitas, dan morfologi yang lebih baik.

10. Kuning Telur

Kebanyakan orang membuang kuning telur untuk mengurangi kalori, namun kuning telur mengandung vitamin B dan omega-3 esensial. 

Kuning telur juga mengandung asam folat yang membantu tubuh membuat sel darah merah dan membantu menjaga perkembangan embrio setelah pembuahan. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro