Bacapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto tiba di kantor DPP Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023) - Bisnis/Anshary Madya Sukma
Health

Profesor Zubairi Jawab Kemampuan Presiden Usia di Atas 70 Tahun dari Sisi Kondisi Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 22 Oktober 2023 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang pilpres 2023, banyak yang bertanya, sebenarnya bagaimana kondisi kesehatan pemimpin sebuah negara yang usianya 50 ke atas, bahkan lebih dari 70 tahun.

Profesor Zubairi dokter spesialis penyakit dalam menjelaskan kemampuan dan kelayakan Presiden usia 50 tahun ke atas dari sisi kesehatannya.

Dia mengatakan banyak pemimpin negara di dunia yang usianya sudah di atas 50 tahun. Salah satunya adalah presiden AS Joe Biden yang saat ini berusia 80 tahun. Saat mencalonkan diri kesehatannya juga menjadi sorotan.

Dokter pribadinya menyatakan bahwa kondisi pasiennya sehat dan siap mengemban tugas. Dokternya menyampaikan bahwa Biden tidak perlu proses pengobatan maupun minum obat walaupun detak jantung Biden tidak beraturan.

Dia juga sempat mengalami dua kali aneurisma otak. Sebelumnya, Presiden Ronald Reagan, saat itu tahun 1984, juga telah berusia 73 tahun dan menjadi yang tertua. Pada debat calon presiden, Ronald Reagan juga mendapatkan pertanyaan terkait kesehatannya.

Kemudian, dari negara tetangga, Malaysia. Ada Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia yang berusia 92 tahun. Mahathir bahkan pernah melakukan dua kali operasi bypass dan masih bisa menjadi Perdana Menteri. Kebetulan saya sendiri sebentar lagi berusia 77 tahun.

"Sekitar 5-6 tahun yang lalu, saya menjalani operasi jantung bypass. Ternyata saya dengan teman-teman yang juga operasi jantung bypass, setelah melakukan rehabilitasi bisa melakukan olahraga, seperti senam dengan musik cepat dan jalan cepat 3 km dalam 30 menit," ceritanya dikutip dari akun twitternya.

Dia menjabarkan, rehabilitasi tersebut dilakukan selama 4 bulan dengan jalan pelan-pelan, kemudian jalan cepat, olahraga. Semua dilakukan tanpa kecuali oleh semua orang seangkatan saya saat itu. Sekitar 10-20an orang. Jadi ternyata, pascaoperasi bypass, itu masih mampu olahraga.

Benar bisa kambuh, tapi harus memahami alasan timbulnya serangan jantung. Itu yang harus dinilai.

Misalnya, jika ada kencing manis, maka harus diobati dengan baik dan benar. Jika ada darah tinggi maka tekanan darahnya harus diturunkan sampai normal dan dipertahankan.

Selanjutnya, jika memiliki kolesterol tinggi maka turunkan kolesterol dan jika terlalu gemuk, maka berat badan harus turun.

"Jadi bisa dikatakan tidak ada batas usia untuk seseorang mampu menjadi pemimpin, meski dia adalah komorbid," tambahnya.

Karena, katanya,  yang harus dinilai itu secara keseluruhan. Pertama, dari fisik. Mulai dari mata, telinga, jantung, paru-paru dll. Kedua, tes psikiatri.

Pemeriksaan itu dilakukan oleh dokter kesehatan jiwa dan psikolog. Dilanjutkan dengan tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory).

"Jangan sampai pemimpin negara ternyata memiliki Skizofrenia maupun psikopat. Tentu itu harus dihindari ya. Jadi asalkan fit sesuai tes kesehatan yang dilakukan, maka Insya Allah bacapres dan bacawapres mampu secara kesehatan untuk memimpin negara," tutupnya.

Seperti diketahui saat ini beberapa capres memiliki usia di atas 50 tahun. Prabowo Subianto berusia 72 tahun, Ganjar Pranowo 54 tahun, dan Anies Baswedan 54 tahun.

Sedangkan cawapres Mahfud MD berusia 66 tahun, dan Cak Imin 57 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro