Ilustrasi wisuda mahasiswa menjadi sarjana / freepik
Health

Inilah Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Tanpa Perlu Gelar Sarjana

Redaksi
Selasa, 24 Oktober 2023 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Banyak orang beranggapan bahwa memiliki pekerjaan dengan gaji tertinggi harus memiliki gelar sarjana. Faktanya ada beberapa pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana namun memiliki gaji yang cukup tinggi.

Memiliki gelar sarjana menjadi cita-cita semua orang, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan keinginan tersebut karena biaya kuliah yang terbilang cukup mahal.

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tertinggi, ada beberapa pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar sarjana namun membutuhkan keahlian atau skil.

Pekerjaan tersebut juga membutuhkan lisensi atau sertifikat sehingga kamu harus mengikuti beberapa pelatihan. Pelatihan ini akan sangat membantu kamu dalam pekerjaan yang akan kamu lakukan nantinya.

Mengutip realsimple.com pada Selasa (24/10/2023), berikut adalah beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi tanpa perlu gelar sarjana:

1. Agen Real Estate

Pekerjaan pertama ini membutuhkan keahlian dalam berbicara dan mempengaruhi orang. Pasalnya pekerjaan ini adalah untuk menarik seorang pembeli untuk membeli bangunan atau hunian yang ditawarkan.

Pekerjaan ini biasanya membutuhkan pelatihan dan juga sertifikasi selama beberapa bulan tergantung tempat kamu mendaftar untuk latihan.

Walaupun membutuhkan biaya tambahan, biaya tersebut tidak akan sebesar biaya kuliah jadi kamu masih bisa mengikutinya.

2. Penulis Lepas

Pekerjaan kedua ini membutuhkan keahlian dalam menulis. Namun, jika kamu tidak memiliki keahlian menulis kamu hanya perlu mengikuti pelatihan menulis yang saat ini banyak diadakan secara online maupun langsung.

Kamu juga bisa mulai dengan banyak membaca dan mulai menulis di platform menulis online untuk mengasa kemampuan menulis mu. Setelah merasa cukup dengan kemampuanmu, kamu bisa mengajukan tulisan mu ke penerbit atau pun ke platform membaca.

Setelah disetujui, maka kamu akan mendapatkan gaji yang cukup besar dan juga namamu akan diingat oleh pembaca.

3. Pramugari

Pekerjaan ketiga ini menjadi keinginan atau cita-cita banyak orang. Persyaratan dasar untuk mencari pekerjaan di bidang ini adalah keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik, keterampilan komunikasi yang baik, dan ijazah sekolah menengah dan juga Sertifikat lulusan dari sekolah penerbangan.

Namun, ada persyaratan tinggi minimum dan berat maksimum yang harus kamu penuhi dan pelatihan yang cukup ketat. Selain itu akan ada banyak persyaratan yang harus kamu penuhi selama masa pelatihan.

4. Terapis Pijat

Banyak orang menyukai pijatan yang baik, dan terapi pijat juga digunakan untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Mungkin itulah sebabnya lapangan kerja terapis pijat diproyeksikan akan tumbuh sebesar 32 persen pada tahun 2030 , yang dianggap sebagai angka di atas rata-rata.

Untuk menjadi terapis pijat, kamu harus bersekolah di sekolah pasca sekolah menengah dan menerima sertifikat atau diploma setelah pelatihan. Jumlah pelatihan tergantung pada kebutuhan yang ditentukan dari tempat pelatihan ataupun tempat kerja.

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan fisik sehingga membutuhkan seseorang yang memiliki kekuatan fisik yang cukup baik.

5. Wedding Organizer (WO)

Apakah kamu orang yang sangat terorganisir dan bertanggung jawab serta menyukai pesta yang menyenangkan? Maka kamu harus mempertimbangkan untuk menjadi seorang perencana pernikahan atau WO.

WO adalah industri bernilai miliaran dolar di Amerika Serikat. Hal ini karena selalu ada kebutuhan akan perencana pernikahan yang hebat untuk menjadikan hari istimewa seseorang sempurna.

Kamu bisa mulai mengikuti kursus ataupun pelatihan WO untuk meningkatkan skil mu dan mulai membuka WO mu sendiri atau melamar ke Perusahaan yang bergerak di bidang Wedding Organizer.

6. Penata Rambut atau Hair Stylist

Seorang penata rambut berbakat akan bernilai emas dan bergaji tinggi. Meskipun kamu harus melalui beberapa pelatihan yang panjang, kamu dapat menyelesaikan program tata rias dalam waktu kurang dari dua tahun.

Kamu akan belajar cara memotong, mewarnai, dan menata rambut yang mungkin terdengar mudah, namun sebenarnya jauh dari itu dan sebagian besar pelatihan sebenarnya adalah mempelajari cara mencampur bahan kimia dan warna dengan benar.

Setelah kamu menyelesaikan program tersebut, kamu harus lulus tes tata rias untuk menerima lisensi.

Biro Tenaga Kerja AS mencantumkan gaji rata-rata untuk seorang penata rambut sebesar US$27.630 per tahun. Namun, jumlah ini biasanya jauh lebih rendah daripada gaji yang dibawa pulang, karena penata rambut cenderung menerima tip yang besar dari pelanggan. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro