Pemeriksaan kanker payudara/webmd
Health

Faktor Risiko Kanker Payudara, Bukan Hanya Menyerang Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Oktober 2023 - 21:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Data Kemenkes mencatat, kanker payudara menduduki peringkat pertama dalam jumlah kasus kanker di Indonesia, serta menjadi penyebab kematian terbesar akibat kanker.

Kasus kanker payudara berkontribusi sebanyak 17% dari seluruh kasus kanker dan fakta yang mengkhawatirkan adalah 70% pasien kanker payudara datang untuk konsultasi dalam keadaan stadium lanjut, sehingga berdampak pada kualitas hidup dan peluang kesembuhannya.

dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp.RAD(K), dokter Spesialis Radiologi Bethsaida Hospital mengatakan kanker payudara bisa menyerang wanita dan juga pria.

Dia mengatakan walaupun secara persentase lebih banyak menyerang wanita, tapi tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mengidap kanker payudara.

Oleh karena itu pemeriksaan rutin wajib dilakukan dengan dua metode, yakni periksa payudara sendiri dengan teknik perabaan dan dengan bercermin.

"Jika merasa ada yang berbeda pada payudara, periksakan melalui pemeriksaan medis yaitu mammografi dan USG Mammae.” paparnya dalam seminar bertajuk"Pahami, Sadari, Tangani: Deteksi Dini, Kunci Kesembuhan Kanker Payudara" yang digelar Bethsaida Hospital..

Sementara itu, dr. Clement Dewanto, Sp.B, dokter Spesialis Bedah Bethsaida Hospital mengatakan selain deteksi dini, penanganan yang tepat juga penting dalam mendukung kesembuhan seseorang yang terdiagnosa kanker payudara.

dr. Clement Dewanto, Sp.B menyatakan, kanker payudara bisa terjadi karena berbagai faktor.

Ada yang bisa dicegah, ada juga yang tidak seperti kanker payudara karena faktor genetik atau turunan.

"Namun kita bisa mengurangi risikonya dengan mengatur pola hidup yang sehat," ujarnya.

Jika sudah terdiagnosa, penanganan kanker payudara harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan kondisi masing-masing pasien berdasarkan diagnosa penunjang medis.

Tahapannya bisa mulai dari terapi sampai pada menjalani prosedur operasi pengangkatan payudara, semua tergantung tingkat keparahan dan jenis tumor yang dialami pasien.

Dua penyintas kanker payudara Heni Hermanto dan Nuning Handayani mengatakan salah satu kunci untuk kesembuhan kanker payudara adalah percayakan pengobatan kepada satu faskes yang dirasa mumpuni dan tidak beralih ke jenis pengobatan lainnya selain medis..

“Pikiran positif dan semangat untuk sembuh juga berperan penting dalam membantu kesembuhan dari kanker payudara. Jadi jangan pernah ragu mengambil langkah jika sudah mendapatkan arahan dari dokter, karena semakin cepat ditangani, maka semakin tinggi juga peluang untuk sembuh”. papar mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro