Jahe/Istimewa
Health

7 Rempah-rempah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Redaksi
Senin, 30 Oktober 2023 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Rempah-rempah umumnya digunakan untuk menambahkan rasa pada makanan. Namun, selain berfungsi untuk menambahkan rasa, beberapa rempah-rempah ternyata juga menyimpan manfaat untuk kesehatan, salah satunya kesehatan jantung.

Rempah-rempah mengandung antioksidan tinggi, dan antioksidan dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Untuk kesehatan jantung, antioksidan dapat membantu mengurangi dampak peningkatan kadar kolesterol.

Selain itu, karena rempah-rempah berfungsi untuk menambahkan rasa pada masakan, maka bahan ini dapat mengurangi kebutuhan akan garam. Hal ini tentu baik untuk kesehatan jantung karena mengonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk gejala gagal jantung.

Melansir beberapa sumber, berikut adalah 7 rempah-rempah yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif. Kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Kayu manis

Kayu manis dikenal mampu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat). Kayu manis juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung akibat diabetes.

3. Ketumbar

Ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

4. Kapulaga

Kapulaga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan peradangan.

5. Cabai rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa yang mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

6. Bawang putih

Mengonsumsi bawang putih setiap hari dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, serta membantu mencegah hipertensi, dislipidemia, penyakit kardiovaskular, dan kondisi jantung lainnya.

Selain itu, bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur.

7. Jahe

Jahe baik untuk jantung karena dapat mengurangi stress oksidatif yang merusak jantung dengan mencegah pengerasan arteri untuk memungkinkan aliran darah mengalir dengan baik.

Jahe juga bersifat anti-inflamasi, mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi hati, dan menjaga tekanan darah. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro