Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

7 Rempah yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal

Redaksi
Jumat, 27 Oktober 2023 - 13:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ginjal membantu tubuh untuk tetap bebas dari racun dan akumulasi yang tidak sehat sehingga penting untuk menjaga ginjal tetap beroperasi dengan sehat.

Ketika fungsi ginjal terganggu dan tidak dapat bekerja secara efisien karena penumpukan limbah dan produk beracun, maka dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan dari gout, anemia, masalah tiroid, penyakit jantung dan penumpukan cairan. Jika sudah didiagnosa penyakit ginjal kronis, kamu tentunya perlu pengobatan teratur ke dokter. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit. 

Mengatasi bahaya dari penyakit ginjal, kamu bisa menggunakan beberapa rempah herbal ini untuk mencegah timbulnya penyakit ginjal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut rempah yang membantu mencegah penyakit ginjal:

1. Kunyit 

Kunyit menyebabkan peningkatan protein plasma dan penurunan kadar ureum dan kreatinin serum pada pasien DMT2 dan dapat berguna dalam peningkatan fungsi ginjal. 


2. Jahe 

Efek antiinflamasi jahe membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada ginjal akibat infeksi.


3. Triphala 

Triphala adalah ramuan yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi alami ginjal. Ini membantu memperkuat hati dan ginjal sebagai organ yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun dari tubuh.


4. Amalaki, Haritaki dan Bibhitak 

Trio herbal peremajaan yang luar biasa yaitu, Amalaki, Haritaki dan Bibhitaki adalah obat ajaib dari alam, memperkuat jaringan ginjal, meningkatkan protein plasma, albumin, kreatinin, dan meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan.


5. Kemangi

Populer dalam masakan Italia, kemangi biasanya merupakan ramuan manis dalam keluarga mint yang tersedia dalam berbagai bentuk dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kemangi bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan bahkan membantu meningkatkan kadar glukosa pada penderita diabetes.


6. Rosemary

Rosemary mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk otak, memori dan fungsi kognitif. Selain itu, rempah yang berupa daun kering ini juga mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu melindungi ginjal dari kerusakan dan menjaga kesehatan.


7. Kayu manis

Menurut penelitian terbaru, kayu manis dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu kayu manis juga mengandung senyawa antiinflamasi yang melindungi ginjal dari risiko kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro