Ilustrasi kanker paru/Istimewa
Health

Awas! Kebiasaan Merokok di Pagi Hari Tingkatkan Risiko Kanker Paru dan Mulut

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Oktober 2023 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Merokok berbahaya bagi kesehatan, bukan hanya dari kandungan yang berbahaya di dalamnya, namun juga waktu yang Anda pilih untuk merokok dapat memperburuk keadaan.

Para peneliti telah menemukan bahwa merokok di pagi hari dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker mulut dan paru-paru.

Merokok di pagi hari juga merupakan tanda kecanduan yang parah. Banyak orang langsung merokok setelah bangun tidur, saat sarapan, atau sebelum mulai bekerja di kantor.

Kebiasaan ini mematikan dan sangat berisiko, terutama di kalangan perokok muda. Ini tidak “keren”, ini murni bahaya kesehatan.

Para peneliti menemukan bahwa merokok dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur akan meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker mulut dan paru-paru.

“Kami menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi rokok segera setelah bangun tidur memiliki tingkat NNAL yang lebih tinggi – suatu metabolit NNK karsinogen spesifik tembakau – dalam darah mereka dibandingkan perokok yang tidak merokok setengah jam atau lebih setelah bangun tidur, berapa pun jumlah rokok yang dikonsumsi. rokok yang mereka hisap setiap hari," kata Steven Branstetter, asisten profesor kesehatan biobehavioral, Penn State. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Cancer, Epidemiology, Biomarkers and Prevention dilansir dari Times Of India.

Banyak perokok berat yang berhenti merokok dalam semalam. Ketika mereka bangun di pagi hari, kadar nikotin dalam darah mereka turun drastis. Neuroreseptor mereka mendorong mereka untuk “menginginkan” dan mencari rokok itu.

Cobalah untuk berhenti merokok sepenuhnya, karena tidak ada manfaatnya dan banyak risikonya. Jika Anda merokok di pagi hari, berikut beberapa waktu yang dapat membantu Anda melepaskan kebiasaan ini:

Singkirkan rokok dari kamar atau rumah Anda untuk memastikan Anda tidak merokok di rumah. Berikutnya saat Anda berangkat berangkat kerja, pastikan Anda tidak membawa rokok atau korek api apa pun di mobil, saku, atau tas Anda.

Cobalah bepergian dengan seseorang yang Anda kenal, ini dapat membantu Anda mengawasi tindakan Anda dan mencegah Anda membeli dan menyalakan rokok. Jika Anda mempunyai teman yang merokok di pagi hari, hindari bepergian bersama mereka karena godaan dan pemandangan dapat menyulitkan Anda untuk tidak merokok.

Jika kebiasaan pertama Anda adalah merokok, gantilah dengan segelas air. Ini akan menghidrasi tubuh Anda dan kebiasaan baru ini pada akhirnya akan membantu menghilangkan kebiasaan tidak sehat sebelumnya.

Kebiasaan sehat lainnya untuk menggantikan rokok pagi Anda adalah olahraga. Berolahraga di pagi hari akan mendorong pikiran Anda untuk membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari. Aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmitter otak Anda yang disebut endorfin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro