Tips agar rambut selembut sutra
Health

Rambut Halus Selembut Sutra, Ini 9 Rahasianya

Redaksi
Senin, 30 Oktober 2023 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rambut halus seringkali lebih mudah ditata dan menjadi impian semua orang baik pria maupun wanita.

Jika Anda mengharapkan rambut yang lebih indah, penting untuk memahami cara mewujudkannya dengan cara yang sederhana. Meskipun tidak bisa mengontrol cara rambut tumbuh, Anda bisa mengatur cara menanganinya. Memiliki rambut halus membutuhkan banyak perawatan.

Melakukan rutinitas yang tepat adalah kunci untuk menjaga rambut tetap halus. Berikut 9 tips ahli untuk mewujudkan rambut halus Anda sepanjang hari

1. Tidur di Sarung Bantal Sutra

Rambut halus dimulai dengan tidur nyenyak secara harfiah. Jika Anda ingin mencegah gangguan pada kutikula rambut saat Anda tidur, pertimbangkan untuk membeli sarung bantal sutra.

Tidur dengan sarung bantal sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan rambut kusut dan patah saat Anda bolak-balik sepanjang malam. 


2. Hindari Mengeringkan Rambut Dengan Bahan dan Produk

Tergantung pada jenis rambut Anda, produk atau bahan tertentu dapat memperburuk kekeringan rambut. Gunakanlah produk perawatan rambut yang lembut dan hindari produk dengan bahan yang berpotensi mengeringkan, seperti sulfat yang dapat membantu rambut mempertahankan kelembapan, menjadikannya lebih halus dan lembut.

Produk penataan rambut tertentu, seperti hairspray dapat mengeringkan helai rambut, menyebabkan rambut kusut dan kasar di hari kedua jika Anda tidak menambahkan lebih banyak pelembab. 

3. Perhatikan Produk dan Air Saat Mencuci Rambut 

Rambut bisa kehilangan kelembutan dan kelenturannya karena berbagai alasan. Hal ini bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari kualitas air hingga kerusakan akibat sinar UV dan panas bahkan kelembapan udara. Jika ingin menghaluskan dan menutup kutikula saat mandi karena kutikula yang terangkat atau melebar terasa kasar, gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang menghidrasi, seperti Set Shampo dan Kondisioner Bel Air Smoothing R+Co .

Anda perlu memperhatikan air yang Anda gunakan untuk mencuci rambut. Tergantung di mana Anda tinggal, air dapat memengaruhi kesehatan dan tekstur rambut Anda. 

4. Cobalah Perawatan Pengkondisian Dalam

Jenis rambut keriting cenderung lebih kering, penting untuk melembabkannya tanpa membebani helaiannya. Carilah produk yang mengunci kelembapan dan mengendalikan rambut kusut seiring waktu.

Untuk melembutkan rambut di rumah, pelembab yang konsisten, perawatan deep conditioning dan meminyaki rambut bisa sangat efektif. Anda dapat merawat rambut Anda dengan perawatan deep conditioning restoratif setiap minggu untuk rambut lebih lembut dan halus.

5. Gunakan Handuk Microfiber

Kondisioner yang Anda gunakan saat mandi berfungsi menghaluskan rambut, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan cara mengeringkan setelahnya. Banyak orang dengan cepat mengeringkan rambut mereka dengan handuk katun tradisional, yang ternyata dapat mengganggu kutikula rambut. Pertimbangkan handuk mikrofiber yang dapat menyerap air tanpa menyebabkan rambut kusut atau rusak.

6. Hindari Penataan Gaya Panas yang Berlebihan

Rambut selembut sutra adalah rambut terhidrasi dengan kutikula yang sehat. Alat penata rambut yang dipanaskan akan mengeringkan rambut sekaligus merusak kutikula, sehingga membuatnya terasa kasar dan rapuh. 

Penting untuk dicatat bahwa mengurangi penataan panas, bukan menghilangkannya. Penataan rambut dengan panas dapat dilakukan tanpa kerusakan serius pada rambut jika Anda mempersiapkannya dengan benar dan menggunakan produk pelindung panas . 

7. Gunakan Pelindung Panas

Saat Anda harus menata rambut dengan panas, gunakan alat pelindung panas.  Pengeringan dengan panas akan menutup dan menghaluskan kutikula asalkan dilakukan dengan pelindung panas. 

Saat mengeringkan rambut atau menata rambut dengan panas, gunakan produk yang akan membantu menghaluskan helai rambut Anda sekaligus menawarkan perlindungan panas.

8. Terapkan Produk Pelembab Tanpa Bilas

Meskipun sejumlah besar kelembapan ditambahkan saat Anda mencuci dan mengkondisikan rambut saat mandi, produk tanpa bilas dapat memperpanjang hidrasi tersebut setelah hari keramas.

Ada banyak jenis kondisioner tanpa bilas , masing-masing dirancang untuk memberikan kelembapan pada jenis dan tekstur rambut yang berbeda. Para ahli merekomendasikan  penggunaan serum rambut untuk mengunci hidrasi dan memaksimalkan kehalusan dan kilau. 

9. Perawatan Salon 

Ada banyak solusi untuk mendapatkan rambut halus di rumah, tetapi beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari perawatan di salon terutama jika rambut mereka sangat kasar atau rusak. 

Perawatan salon juga bermanfaat jika Anda ingin mendapatkan rambut sehalus sutra dengan cepat, karena beberapa perawatan di rumah memerlukan penggunaan yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Para ahli merekomendasikan perawatan keratin atau  Botox rambut untuk meningkatkan kelembutan rambut di rumah atau di salon, ada banyak cara untuk meningkatkan kelembutan dan kilau rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro