Ilustrasi cara memanjangkan rambut/Freepik.
Health

Begini Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Hana Fathina
Kamis, 21 September 2023 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap wanita dilahirkan dengan sebuah mahkota alami yang disebut rambut. Jenis rambut wanita pun sangat beragam, mulai dari yang keriting, bergelombang, hingga lurus. Dengan berbagai jenis rambut tersebut, banyak wanita memimpikan memiliki rambut panjang yang indah, berkilau, dan sehat. Namun, tak semua orang dianugerahi dengan proses pertumbuhan rambut yang cepat. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara memanjangkan rambut

Secara alamiah, rambut memang hanya tumbuh sekitar 2 cm setiap 30 hari. Hal ini tidak jarang membuatmu frustrasi, karena sudah ingin memiliki rambut panjang dengan cepat. Jika hal ini terjadi pada kamu, tidak perlu khawatir. Karena, ada beberapa cara memanjangkan rambut yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

Berikut ini adalah beberapa cara memanjangkan rambut yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Cara memanjangkan rambut dengan cepat 

  • Menggunakan cuka apel

Cara memanjangkan rambut yang pertama dengan cuka apel. Cuka apel memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut, sehingga rambut tumbuh dengan cepat. Caranya, cuci rambut dengan air cuka apel secara merata, lalu bersihkan rambut dengan shampoo wangi yang biasa kamu gunakan. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya efektif.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya cukup mudah, yaitu kupas lidah buaya dan ambil isinya. Kemudian, oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut kamu. Diamkan sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Menggunakan minyak zaitun dan kemiri

Minyak zaitun dan kemiri dikenal ampuh dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Selain saat keramas, kamu juga bisa memijat kulit kepala sebelum tidur dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri. Caranya, aplikasikan 5 tetes minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala, pijat secara lembut selama 5-10 menit. Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih pada saat mandi di pagi hari

  • Menggunakan teh hijau

Cara memanjangkan rambut satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat memperlancar sirkulasi aliran darah pada kulit kepala, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. 

Caranya, seduh teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala secara merata. Kemudian, bungkus rambut dengan menggunakan handuk, diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Selain dibalurkan pada kulit kepala, kamu juga bisa mendapatkan manfaat teh hijau secara langsung dengan cara meminumnya.

  • Menggunakan santan

Kamu bisa merawat rambut dengan menggunakan santan secara rutin, setidaknya 2 kali dalam seminggu. Selain memanjangkan rambut secara cepat, penggunaan santan secara rutin juga dapat menghaluskan dan menyehatkan rambut. Caranya, balurkan santan kental pada kulit kepala secukupnya, lalu tutup dengan handuk hangat, kemudian diamkan selama 15-20 menit.

2. Tips rambut cepat panjang

  • Potong rambut secara teratur

Tidak perlu khawatir hal ini akan membuat rambut kamu terus pendek, karena memotong ujung rambut merupakan cara yang memang perlu dilakukan, khususnya untuk kamu yang memiliki masalah rambut bercabang. 

Perlu diketahui, ujung rambut yang bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut serta membuat helainya menjadi tipis. Untuk itu, memotong ujung rambut yang rusak secara teratur dapat menjadi salah satu cara memanjangkan rambut.

  • Stop membungkus rambut Panjang dengan handuk

Setelah keramas, banyak wanita terbiasa membungkus rambutnya dengan handuk. Padahal, hal itu bisa menyebabkan helaian tipis rambut tersangkut pada serat-serat benang handuk. Rambut yang tersangkut dapat menyebabkan rambut kamu kusut dan lebih mudah rontok. Jika diteruskan, tentu saja rambutmu akan semakin sulit panjang.

  • Hindari stress dan bersabar

Stres dapat menyebabkan aliran darah terhambat, sehingga memicu kerontokan rambut dan mengubah rambut menjadi kusam. Jika kamu ingin memanjangkan rambut, usahakan menjaga tubuh dan pikiran tetap rileks. Lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membantumu merasa tenang, misalnya olahraga dan istirahat cukup.

  • Jangan menyisir rambut saat basah

Rambut yang basah cenderung lebih rapuh dan rentan rusak saat disisir. Maka, gunakan sisir bergigi jarang atau cukup dengan jari-jari tangan jika ingin menyisir rambut yang masih berada dalam kondisi basah. 

Menyisir rambut sangatlah penting untuk pertumbuhan rambut karena dapat menstimulasi kulit kepala melepaskan minyak alami dan menyebarkannya ke setiap helai rambut. Biasakan rutin menyisir rambut dalam keadaan kering setidaknya dua kali sehari untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat.

3. Obat penumbuh rambut alami 

  • Mengoleskan minyak esensial 

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa memakai chia seed oil yang diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

  • Seledri

Untuk memakai masker rambut dari seledri, haluskan seledri dengan menggunakan blender atau food processor. Cuci rambut kamu dengan sampo, lalu lanjutkan dengan memasker rambut memakai seledri yang sudah dihaluskan tadi. Setelah 45-60 menit, bilas rambut dengan air sampai bersih dan kamu tidak perlu lagi menggunakan sampo saat mencuci rambutmu.

  • Masker telur

Meskipun sedikit amis, masker telur dikenal sebagai bahan untuk mendukung cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, rambut yang tadinya kusam juga terlihat lebih bersinar setelah menggunakan masker telur ini.

Cara memakai masker telur adalah kocok 1 telur ayam utuh bersama dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Gunakan masker ini dari akar hingga ujung rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bersihkan rambut dengan air dan sampo.

Itulah beberapa cara memanjangkan rambut yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro