Batuk merupakan salah satu gejala infeksi paru-paru/Freepik
Health

Kenali Perbedaan Kanker Paru-paru dengan Infeksi Paru

Redaksi
Minggu, 5 November 2023 - 15:41
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Infeksi dada adalah gangguan yang menyerang bagian bawah saluran pernapasan termasuk tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Jenis utama infeksi dada adalah bronkitis dan pneumonia.

Menurut NHS UK, bronkitis disebabkan oleh virus, sedangkan pneumonia disebabkan oleh bakteri. Kedua infeksi ini mungkin memiliki gejala yang sama dengan kanker paru-paru.

Kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel kanker tumbuh pada organ paru-paru. Kanker paru sering kali tidak menimbulkan gejala hingga stadium lanjut. Namun, infeksi dada dapat berkembang sebagai komplikasi kanker paru.

Mungkin sulit untuk membedakan antara kanker paru-paru dengan infeksi dada karena gejala yang mirip. Namun, ada perbedaan mendasar di antara keduanya.

Penyebab

Infeksi paru-paru dapat menular. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, mereka melepaskan tetesan kecil cairan yang mengandung virus atau bakteri ke udara. Cairan ini dapat terhirup oleh orang lain sehingga membuat mereka juga berisiko terinfeksi.

Dalam hal penyebab kanker paru, merokok adalah penyebab nomor satu, yang bertanggung jawab atas sekitar 90 persen kasus kanker paru. Beberapa orang mungkin juga berisiko karena riwayat keluarga yang menderita kanker paru.

Faktor risiko lain penyebab kanker paru-paru meliputi:
- Paparan bahan kimia karsinogenik, seperti radon, asbes, dan uranium
- Terapi radiasi sebelumnya pada dada
- Polusi udara, yang menurut beberapa peneliti bertanggung jawab atas 5% kematian akibat kanker paru-paru global

Gejala

Beberapa tanda yang menjadi gejala infeksi dada adalah batuk yang terus-menerus, batuk berdahak berwarna kuning atau hijau, batuk berdarah, sesak napas, mengi, demam, detak jantung cepat, nyeri dada atau sesak. Selain itu, merasa kebingungan juga menjadi gejala yang mungkin terjadi.

Berbeda dengan infeksi dada, kanker paru tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, ketika muncul, gejala-gejala tersebut biasanya muncul ketika kanker telah mencapai stadium lanjut. Gejala yang mungkin terjadi antara lain:
- Pembengkakan di wajah atau leher
- Nyeri bahu atau leher yang berlangsung lama
- Kesulitan menelan
- Suara serak
- Perubahan bentuk ujung jari. (Kresensia Kinanti)

Bagaimana membedakan infeksi dada dan kanker paru-paru?

Kebanyakan orang sembuh dari infeksi dada dalam hitungan minggu. Namun, batuk yang terus-menerus, sesak napas, dan nyeri yang tidak dapat diobati dapat menjadi tanda kanker paru. Infeksi dada yang berulang juga bisa disebabkan oleh kanker paru.

Kunci untuk menentukan apakah itu infeksi dada atau gejala terkait kanker adalah waktu. Jika gejala seperti batuk terus berlanjut selama lebih dari tiga minggu atau lebih, sebaiknya konsultasilah dengan dokter untuk memastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro