Jahe/Istimewa
Health

5 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Datang Tiba-tiba

Redaksi
Rabu, 8 November 2023 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sakit perut sering datang secara tiba-tiba dan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Kebanyakan sakit perut bukanlah sesuatu yang serius dan akan hilang setelah beberapa hari. Secara umum sakit perut dirasakan karena salah mengkonsumsi makanan, perut kembung atau kesulitan BAB.

Namun, dalam sebagian kasus, sakit perut bisa saja berkaitan dengan penyakit-penyakit dalam tubuh, misalnya usus atau lambung. 

Dilansir Very Well Health (8/11/2023) menghadapi sakit perut yang sering datang tiba-tiba, pengobatan rumahan sangat berguna jika sakit perut menyerang di malam hari atau disaat jauh dari rumah dan tidak memiliki akses terhadap obat-obatan yang dijual bebas. 

Simak 5 cara membantu mengatasi sakit perut yang datang tiba-tiba:

1. Minum Cukup Air

Segelas air minum sangat berguna meredakan sakit perut. Dehidrasi adalah penyebab umum sakit perut dan rehidrasi adalah cara tercepat untuk mengatasinya.

Sakit perut terkait dehidrasi (DROP) terjadi ketika saluran pencernaan tidak memiliki cukup cairan. Dehidrasi ringan sekalipun dapat menghambat proses pencernaan sehingga menyebabkan kram perut, mual dan sembelit.

2. Jahe

Jahe merupakan rempah yang terpercaya untuk mengobati sakit perut, mual dan muntah.

Jahe tersedia dalam bentuk ekstrak, tincture, tablet hisap, suplemen dan teh, tetapi juga dapat digunakan mentah untuk meredakan gejala pencernaan. Namun, mengunyah jahe ternyata membantu meredakan mual, meredakan perut yang keroncongan atau sakit perut.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan sejenis minuman yang berasal dari ramuan bunga chamomile yang dapat bermanfaat untuk mengobati sakit perut. 

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan kondisi seperti maag, gastroenteritis, GERD dan IBS yang ditandai dengan peradangan. Teh ini juga mengandung senyawa nabati yang dikenal sebagai polifenol yang dianggap dapat menenangkan sistem pencernaan, meredakan gejala seperti gangguan pencernaan, kram menstruasi dan muntah.

4. Peppermint

Peppermint mengandung senyawa aktif mentol dan metil salisilat, keduanya memiliki efek antispasmodik yang menenangkan sakit perut, mual dan kram. 

Peppermint juga membantu cairan pencernaan, yang disebut empedu , bergerak dengan mudah melalui saluran pencernaan, memungkinkan makanan terurai lebih cepat. Ini dapat membantu penderita sembelit-dominan (IBS-C) di mana sakit perut disertai sembelit.

5. Bantal Pemanas

Bantalan pemanas atau botol air panas membantu meredakan sakit perut dengan mengendurkan otot-otot perut sehingga mengendur dan tidak mengepal. Hal ini adalah pengobatan umum untuk penderita kram menstruasi, yang menurut penelitian dapat meringankan nyeri panggul dan ketidaknyamanan pada suhu antara 104 F dan 113 F (40 C dan 45 C). 

Bantalan pemanas juga berguna bagi penderita IBS dengan meredakan kram dan kejang. Jika tidak memiliki bantal pemanas, mandi air panas atau berendam di bak mandi air panas dapat memberikan kelegaan serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro