Ilustrasi olahraga
Health

Ini 5 Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Perut

Redaksi
Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut dan memilih mengatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan. Padahal, sakit perut bisa diatasi dengan obat alami tanpa efek samping. 

Sakit perut adalah rasa tidak nyaman di beberapa bagian perut antara tulang rusuk dan panggul. Namun, sakit perut juga bisa terjadi di dinding perut, kulit, dan otot yang membentuk lapisan terluar perut dan terkadang ada nyeri yang berasal dari tempat lain, seperti dada, pinggul, atau punggung.

Sakit perut bisa bermacam-macam rasa sakit yang dirasakan seperti ringan atau parah, terbakar atau pegal, kram atau kolik, konstan atau terputus-putus, dan terlokalisasi (di satu tempat) atau digeneralisasi (seluruhnya).

Sebagian besar penyebab sakit perut bersifat sementara dan tidak serius. Hal ini karena ada hubungannya dengan pencernaan, menstruasi, atau infeksi sementara.

Sakit perut bisa menggunakan obat alami:

1. Jahe

Jahe telah lama disebut-sebut sebagai obat alami untuk mabuk laut. Ternyata, hal ini juga benar-benar bermanfaat untuk mengatasi masalah perut. 

Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menurunkan asam lambung berlebihan yang dapat menyebabkan mual dan gangguan pencernaan. Dengan meningkatkan penyerapan di lambung, jahe membantu meningkatkan proses pencernaan.

Cara mendapatkan manfaatnya: kamu bisa menghisap permen jahe atau gunakan jahe segar langsung dari dapur atau tambahkan bumbu pada makanan yang kamu buat. 

Kamu juga bisa memasukkan ke dalam teh sehingga menjadi teh jahe. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi mual di pagi hari untuk ibu hamil. 

Untuk membuatnya, kupas dan iris dua inci jahe segar dan tambahkan ke dalam panci berisi air. Didihkan selama 10 menit lalu saring. Tunggu hingga mencapai suhu ruangan untuk menikmatinya.

Jahe bisa mengobati sakit perut
Jahe bisa mengobati sakit perut

2. Kamomil

Chamomile adalah anti-inflamasi yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran gastrointestinal (GI) dan mengurangi kontraksi GI yang disebabkan oleh sakit perut. 

Cara mendapatkan manfaatnya: Minumlah sebagai teh hangat, dan kamu akan mendapatkan manfaat dua kali lipat. Panasnya akan semakin meredakan kram perut yang menyakitkan. 

3. Nasi

Saat kamu terserang diare, makanlah nasi. Diare tersebut disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan racun sehingga meningkatkan cairan di saluran pencernaan. 

Karena nasi merupakan bahan penggembur yang dapat membantu menyerap sebagian cairan di usus dan mengurangi jumlah tinja yang encer. Cara mendapatkan manfaatnya: Makanlah setengah piring nasi untuk meringankan sebagian ketidaknyamanan.

Nasi putih bisa menjadi obat sakit perut
Nasi putih bisa menjadi obat sakit perut

4. Pisang

Manfaatkan kandungan magnesium dan potasium dalam pisang untuk membantu mengendurkan kejang dan kram otot. Pisang juga dapat membantu mengatasi diare. Cara mendapatkan manfaatnya: Kamu hanya perlu mengkonsumsi pisang setiap kali perut kamu terasa sakit. 

5. Yoga

Jika gas terperangkap dalam perut dan menyebabkan kembung serta sembelit, yoga bisa menjadi obat yang baik. Pose memutar dalam yoga diyakini dapat merangsang usus. 

Cara mendapatkan manfaatnya: Saat usus kamu sedang tidak enak badan, duduklah dan lakukan pose yoga selama 10 menit, termasuk pose setengah lord of the fishes,  gerakan memutar tulang belakang terlentang, dan gerakan memutar kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro