Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Health

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara bagi Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 November 2023 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Kesadaran Kanker Payudara merupakan gerakan kesehatan internasional yang diperingati setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker payudara dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan deteksi dini, pencegahan, dan pengobatan.

Meskipun telah banyak penelitian dan upaya untuk memerangi kanker payudara, penyakit ini tetap menjadi salah satu kanker yang paling umum ditemui di kalangan wanita seluruh dunia.

Statistik global menunjukkan bahwa jutaan wanita didiagnosa mengidap kanker payudara setiap tahunnya.

Kesadaran akan pentingnya deteksi dini kemudian memainkan peran penting dalam meningkatkan kelangsungan hidup dan hasil dari pengobatan. 

Melansir dari laman Siloam Hospitals, ada dua cara mendeteksi kanker payudara yakni SADARI dan SADANIS.

SADARI adalah salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. SADARI bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya. 

SADARI adalah deteksi dini kanker payudara yang direkomendasikan sejak wanita berusia 20 tahun dengan dilakukan sendiri di rumah setiap bulannya. Bagi wanita yang masih haid, pemeriksaan dilakukan setiap hari ke-7 sampai 10, dihitung mulai dari hari pertama haid atau setiap bulan pada tanggal yang sama bagi yang sudah menopause. 

Beberapa keadaan yang harus menjadi perhatian, pada saat melakukan SADARI adalah:

  • Teraba benjolan.
  • Penebalan kulit.
  • Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
  • Pengerutan kulit payudara.
  • Keluar cairan dari puting payudara.
  • Nyeri.
  • Pembengkakan lengan atas.
  • Teraba benjolan pada ketiak atau sekitar leher

Kedua, pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS)

Anda juga disarankan rutin melakukan deteksi dini kanker payudara dengan SADANIS. SADANIS adalah pemeriksaan payudara klinis yang dilakukan oleh dokter yang kompeten. 

Sering kali seseorang baru akan menyadari adanya benjolan pada payudara saat benjolan sudah berukuran cukup besar (sekitar 1cm), oleh sebab itu perlu juga melakukan skrining dengan menggunakan USG payudara dan mammografi (disesuaikan dengan usia). Hasil dari kedua tes tersebut saling melengkapi data yang satu dengan yang lain.

Kesembuhan dan keselamatan Anda dari ancaman kanker payudara dimulai dari kewaspadaan Anda sejak dini. Semakin cepat deteksi dini kanker payudara dilakukan, semakin cepat juga pengobatan tepat dilakukan. Segera ambil paket deteksi dini Skrining Kanker Payudara yang tersedia di Siloam Hospitals terdekat di kota Anda. 

Caroline Riady, Managing Director Siloam Hospitals mengatakan, gerakan ‘Bulan Peduli Kanker Payudara’ menjadi platform penting untuk menyoroti pentingnya deteksi dini, pemeriksaan rutin, dan informasi kesehatan payudara.

"Melalui Program SELANGKAH, kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan turut berkontribusi dalam perjuangan melawan kanker payudara."

Menurutnya, Siloam Hospitals ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mengingat bahwa kesadaran akan kanker payudara tidak terbatas pada satu bulan saja, namun merupakan perjalanan sepanjang tahun.

Pemeriksaan rutin, pemeriksaan mandiri, dan konsultasi terbuka tentang kesehatan payudara harus tetap menjadi aspek penting dalam kehidupan. Bersama-sama kita dapat memastikan bahwa setiap wanita di negara ini berhak memiliki akses dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatannya.

Program Selangkah telah menyelenggarakan serangkaian inisiatif seperti pemeriksaan kanker payudara gratis, diskusi Kesehatan ‘Sadar Kanker Payudara’.

Siemens Healthineers juga berpartisipasi dengan menyediakan teknologi skrining canggih, seperti MAMMOMAT Inspiration, yang memungkinkan masyarakat Indonesia merasakan kemajuan terkini dalam teknologi pencitraan payudara. 

Juga digunakan teknologi solusi kecerdasan buatan (AI) terdepan untuk mammografi payudara ScreenPoint Medical Transpara.

"Transpara merupakan alat pendukung keputusan radiologi yang dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan kepercayaan klinis, dan menghasilkan interpretasi mammografi yang lebih baik. Transpara membantu pengguna untuk menafsirkan atau menganalisis hasil skrining payudara dan memberikan keputusan klinis yang lebih baik,” ujar Alfred Fahringer, Country Head Siemens Healthineers Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro