Push up memiliki manfaat baik bagi tubuh
Health

Simak 7 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Selasa, 14 November 2023 - 13:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Push Up merupakan salah satu gerakan olahraga yang berfungsi untuk melatih otot lengan dan perut. Namun, jika dilakukan dengan benar gerakan Push Up dapat melatih seluruh otot tubuh dan memberikan manfaat lebih. 

Salah satu gerakan olahraga yang paling sering dilakukan adalah Push Up karena tidak membutuhkan alat olahraga tambahan dalam melakukan gerakan ini. 

Untuk melakukan Push Up, mulailah dengan posisi plank, menghadap ke bawah dengan tubuh lurus. Letakkan telapak tangan rata di lantai dengan lengan lurus, sejajar dengan bahu. 

Jaga jarak kedua kaki kamu atau sekitar 12 inci, dengan berat badan bertumpu pada bagian depan kaki. Pastikan punggung kamu lurus dan berat badan tersebar merata. 

Anda bisa melakukan gerakan ini seminggu 2 sampai 3 kali sebanyak 30 kali gerakan atau kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan saran dari pelatih olahraga atau pelatih gym mu. 

Setelah melakukan gerakan Push Up kamu akan mendapatkan banyak manfaat seperti:

1. Push-up Melibatkan Banyak Otot Sekaligus

Saat kamu melakukan Push-up gerakan tersebut akan melibatkan hampir seluruh otot tubuh dan melatih semua otot. 

Hal ini menjadikan push-up sebagai latihan gabungan, atau gerakan multi-sendi yang melibatkan banyak kelompok otot pada saat yang bersamaan dan menjaga detak jantung tetap tinggi. 

2. Push-up Mendukung Postur Tubuh yang Lebih Baik

Meskipun push-up sering dianggap sebagai latihan tubuh bagian atas, Push-up tetap membutuhkan otot inti untuk melibatkan dan menstabilkan tubuh selama melakukan gerakan. 

Aktivasi inti ini memperkuat otot-otot di perut, punggung bawah, dan pinggul, dan membuka jalan bagi stabilitas tulang belakang dan postur tubuh yang lebih baik.

Postur berdiri yang baik berarti tulang belakang berada dalam posisi netral, yang menjaga lekukan alami tulang belakang. Kepala kamu harus sejajar dengan tulang belakang, sehingga semua otot memberikan dukungan yang sama. Hasilnya adalah berkurangnya ketegangan pada tubuh, risiko cedera yang lebih rendah, pernapasan yang lebih baik, dan pencernaan yang lebih baik. 

3. Push-up Dapat Mengurangi Risiko Cedera

Menurut Frontiers in Physiology, latihan inti seperti push-up dikaitkan dengan risiko cedera yang lebih rendah (dan performa keseluruhan yang lebih baik) pada atlet. Namun, kamu tidak perlu menjadi seorang atlet untuk mendapatkan manfaat push-up ini dan membantu mencegah rasa sakit, nyeri, dan cedera. 

Ketika kamu memiliki inti yang kuat, tubuh dapat mempertahankan tulang belakang yang netral dan posisi batang tubuh yang optimal selama aktivitas atletik dan kehidupan sehari-hari. Pada gilirannya, tubuh kamu dapat secara efektif mentransfer beban fisik menggunakan otot bukan tulang belakang, sehingga mencegah cedera.

4. Push-up Memberikan Latihan Kardio Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika dilakukan dengan repetisi tinggi atau sebagai bagian dari latihan sirkuit, push-up bisa menjadi salah satu bentuk latihan kardiovaskular. Ini penting karena aktivitas kardio membuat jantung terpompa dan meningkatkan aliran darah, yang bermanfaat bagi jantung. 

Secara khusus, memasukkan push-up secara teratur ke dalam rutinitas kardio dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan fungsi jantung.

5. Push-up Mendukung Kesehatan Tulang

Latihan kekuatan seperti push-up memberikan beban mekanis pada tulang, sehingga meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Hal ini bermanfaat berapapun usia kamu namun ini menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia, karena pengeroposan tulang dan otot secara alami meningkat seiring bertambahnya usia.

6. Push-up Dapat Membantu Mencegah dan Meminimalkan Nyeri Punggung

Berkat efek penguatan inti dari push-up, gerakan ini juga dapat membantu meringankan sakit punggung. Hal itu karena latihan inti menstabilkan tulang belakang dan meningkatkan kontrol neuromuskular (yaitu, bagaimana saraf mengontrol otot-otot sukarela).

Selain itu, jika dilakukan dengan benar, push-up akan mengaktifkan seluruh batang tubuh, yang mengurangi tekanan punggung bawah, serta meminimalkan risiko cedera, dan pada akhirnya, rasa sakit.

7. Push-up Menunjang Aktivitas Sehari-hari

Karena push-up melindungi tulang belakang dan mencegah sakit punggung, push-up dapat meningkatkan kebugaran fungsional selama melakukan tugas sehari-hari. bis

Tubuh bagian atas yang kuat yang diperoleh dari push-up juga membantu, karena memungkinkan kamu melakukan tugas sehari-hari dengan mudah, seperti membawa belanjaan, mengangkat benda, membuka pintu, atau bermain dengan anak-anak. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro