Manfaat minum air putih/Mens Health
Health

Kebiasaan Sepele yang Ternyata dapat Merusak Ginjal

Redaksi
Kamis, 16 November 2023 - 23:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ginjal memiliki peran besar untuk menyaring racun dalam tubuh supaya tidak menumpuk.

Ginjal juga menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menghasilkan hormon untuk mem produksi sel darah merah.

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, akan memicu sejumlah penyakit seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Kerusakan ginjal sering kali tidak disadari, gejala-gejala yang ada justru diabaikan dan baru disadari ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Belum terlambat untuk berhenti dari kebiasaan ini, sepele namun memicu kerusakan ginjal di usia muda, kebiasaan yang jika dibiarkan akan menyebabkan komplikasi serius hingga kematian.

Dikutip dari National Kidney Foundation, berikut sederet kebiasaan yang memicu ginjal rusak.

1. Kurang Konsumsi Air Putih

Minum air putih merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal, karena kurang mengonsumsi air putih bisa merusak fungsi ginjal.

Air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga membantu ginjal untuk dapat membersihkan kadar garam hingga racun yang ada pada tubuh. Maka, disarankan untuk mengonsumsi air 1,5 hingga 2 liter air perhari.

2. Sering Begadang

Kurang tidur juga berpengaruh pada fungsi ginjal, karena fungsi ginjal salah satunya dikendalikan oleh siklus bangun dan tidur yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

Tidur dengan waktu yang cukup sangat penting dan membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Sehingga, kurang tidur dalam waktu yang lama akan menambah beban kerja ginjal yang mengakibatkan rusaknya ginjal.

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk dalam waktu lama juga bisa memicu gangguan ginjal. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka semakin besar pula risiko kerusakan ginjal yang dialami.

Selain merusak ginjal, kurang gerak juga dapat menyebabkan kegemukan, hingga gangguan jantung dan pembuluh darah.

4. Sering Menahan Pipis

Tidak mengosongkan kandung kemih dengan tepat waktu, sehingga urin berada pada kandung kemih dalam waktu yang lama dapat menyebabkan perkembangbiakan bakteri dalam urin.

Kebiasaan ini juga memicu infeksi saluran kencing yang berpengaruh pada kesehatan ginjal.

5. Sering Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan yang dikonsumsi berlebihan juga dapat memicu kerusakan ginjal, karena makanan tersebut banyak mengandung natrium dan fosfor. Ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan kelebihan fosfor dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan jantung, sehingga kalian harus membatasi asupan fosfor dalam makanan.

6. Sering Konsumsi Minuman Beralkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi fungsi bagi organ tubuh, termasuk ginjal. Peminum alkohol berat yang juga merokok memiliki risiko lebih besar terkena penyakit gagal ginjal kronis.

Batasi atau kurangi mengonsumsi alkohol untuk menjaga kesehatan ginjal hingga tubuh.

7. Konsumsi Terlalu Banyak Makanan Berkadar Gula Tinggi

Konsumsi gula dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan obesitas yang dapat menjadi penyebab utama penyakit ginjal. Banyak makanan dan minuman diberi gula tambahan karena dirasa kurang manis.

Perhatikan bahan-bahan ketika membeli suatu barang kemasan untuk menghindari konsumsi gula yang berlebihan.

8. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit atau Nyeri

Penggunaan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID), obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri seperti sakit kepala, nyeri menstruasi, keseleo, atau nyeri sendi serta dapat menurunkan demam.

Kurangi penggunaan obat golongan NSAID, karena umumnya mengandung zat yang bersifat antiprostaglandin, sehingga membuat aliran darah ke ginjal berkurang. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro