Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

10 Cara Alami Meluruhkan Batu Ginjal

Redaksi
Rabu, 1 November 2023 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika zat-zat tertentu, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, menjadi cukup pekat sehingga membentuk kristal di dalam ginjal.

Kristal-kristal tersebut tumbuh lebih besar menjadi "batu". Sekitar 80% hingga 85% batu ginjal terbuat dari kalsium. Sisanya adalah batu asam urat, yang terbentuk pada orang dengan kadar pH urin yang rendah.

Penyebab batu ginjal beragam, mulai dari diet yang salah, kelebihan berat badan, pengaruh kondisi medis, dan suplemen atau obat-obatan tertentu.

Batu ginjal bisa menyerang bagian tubuh mana pun dari saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih.

Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, tetapi batu ginjal tidak menyebabkan kerusakan permanen jika ditangani dengan benar dan tepat waktu.

Mengeluarkan batu ginjal bisa menjadi proses yang menyakitkan, tetapi ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mengeluarkan batu ginjal dengan lebih cepat. Mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, hingga menjalani gaya hidup sehat.

Melansir beberapa sumber, berikut adalah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk meluruhkan ataupun mencegah batu ginjal.

1. Mengonsumsi cukup air

Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh memerlukan air sekitar 8 hingga 10 gelas atau sebanyak 2 liter setiap harinya untuk mencegah batu ginjal.

Dalam kasus tertentu, mengonsumsi lebih banyak air juga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal.

2. Menambahkan perasan jeruk lemon

Lemon mengandung sitrat, bahan kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Oleh karena itu, menambahkan perasan jeruk lemon ke dalam air minum dapat membantu mengatasi batu ginjal.

Sitrat yang terkandung dalam lemon juga dapat membantu memecah batu-batu kecil, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa suplemen kalium sitrat dapat membantu mengurangi faktor risiko yang terkait dengan batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah mengalami batu ginjal.

3. Mengonsumsi cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu meringankan rasa sakit akibat batu ginjal.

Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan beberapa sendok makan cuka apel ke dalam air minum. Anda juga dapat menambahkan cuka apel pada makanan seperti salad.

4. Mengonsumsi jus seledri

Seledri biasanya digunakan sebagai obat tradisonal untuk menyembuhkan batu ginjal. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa ekstrak seledri mampu membantu memecah batu ginjal.

Namun, sama seperti ekstrak tanaman lainnya, seledri dapat bereaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat atau perawatan lain. Sebaiknya, konsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi jus seledri dengan pengobatan lain.

5. Hindari mengonsumsi vitamin C dosis tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C (asam askorbat) dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terkena batu ginjal.

Asupan vitamin C tambahan yang tinggi dapat meningkatkan ekskresi oksalat dalam urin, karena beberapa vitamin C dapat diubah menjadi oksalat di dalam tubuh.

Namun, perlu diketahui bahwa vitamin C dari sumber makanan, seperti lemon, tidak berhubungan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

6. Kurangi konsumsi makanan tinggi natrium

Mengonsumsi makanan tinggi natrium dapat memicu batu ginjal karena dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam air seni.

7. Kurangi mengonsumsi protein hewani

Terlalu banyak mengonsumsi protein hewani, seperti daging, telur, dan makanan laut, dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, sebaiknya batasi asupan daging dalam makanan harian Anda.

8. Mengonsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi makanan tertentu seperti buah dan sayur serta membatasi makanan yang tinggi oksalat dan garam dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Seledri, kubis, mentimun, semangka, dan asparagus adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk membantu mengeluarkan batu ginjal.

9. Gunakan pemanas

Memberikan panas pada punggung bawah dapat membantu melemaskan otot-otot di area tersebut, yang dapat mempermudah mengeluarkan batu.

Bantalan pemanas, botol air panas, atau mandi air hangat bisa menjadi efektif.

10. Lakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki atau olahraga ringan dapat membantu mempermudah mengeluarkan batu ginjal. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro