Kutu busuk
Health

Kutu Busuk Mewabah, Begini Cara Mencegahnya di Rumah Anda

Redaksi
Jumat, 17 November 2023 - 15:15
Bagikan

Pencegahan

Untuk mencegah serangan kutu busuk di tempat tinggal, tempat ekerja, atau menginap saat bepergian, lakukan 11 langkah berikut:

1. Jangan Simpan Barang di Bawah Tempat Tidur

Menyimpan barang-barang di bawah tempat tidur menciptakan peluang bagi kutu busuk untuk bersembunyi di dekat kasur yang mungkin tanpa sadar menyimpan barang yang terinfestasi.

2. Simpan Barang dalam Wadah Plastik

Kutu busuk sulit merangkak di permukaan halus seperti kaca atau plastik, maka simpan barang di dalam wadah plastik atau kantong plastik untuk membantu mencegah penyebaran masalah kutu busuk.

3. Bungkus Anti Tungau Debu

Tutupi kasur atau pegas kotak dengan bungkus anti tungau debu untuk menciptakan penghalang perkembangbiakan kutu busuk.

4. Bersihkan Lantai Secara Teratur

Jauhkan pakaian dan barang-barang yang akan dikenakan dari lantai karena berisiko kutu busuk itu menyerang meja rias atau lemari. Untuk itu bersihkan lantai dengan teratur untuk meminimalisir.

5. Vakum Secara Teratur

Metode pencegahan ini membantu menghilangkan kutu busuk yang tersesat. Untuk pencegahan lebih lanjut, buang kantong penyedot debu ke tempat sampah luar.

6. Jauhkan Pakaian dari Tempat Tidur

Tempat tidur menjadi tempat yang paling sering dihinggapi hama penggigit ini. Sebaiknya jauhkan pakaian dari tempat tidur jika ingin mencegah kutu busuk. Terkhusus jika pakaian tersebut adalah pakaian orang lain.

7. Periksa Hotel, Motel atau Kamar Asrama

Sebelum membongkar pakaian di tempat tidur baru, seperti hotel, motel, atau kamar asrama, periksalah ruangannya. Periksa tirai, karpet, dinding dan area sekitarnya apakah ada tanda-tanda kutu busuk.

Hal terpenting, periksa tempat tidur apakah ada tanda-tanda Kuru busuk. Jika melihat potensi serangan, mintalah ruangan lain dan hindari meletakkan pakaian dalam kawasan tersebut.

8. Cuci Pakaian dan Bagasi Setelah Bepergian

Pastikan perjalanan tidak membawa pulang kutu busuk. Segera cuci pakaian dan bersihkan semua barang bawaan, termasuk koper, ransel hingga dompet.

9. Cuci Sprei dengan Pengaturan Suhu Tertinggi

Sekitar seminggu sekali, cuci seprai pada suhu tertinggi. Panasnya dapat membantu membunuh kutu busuk dan telurnya.

10. Jauhkan Seprei dari Tanah

Saat merapikan tempat tidur pastikan seprai tidak menyentuh lantai. Seprai yang digantung memungkinkan kutu busuk yang berkeliaran merangkak ke tempat tidur.

11. Jangan Mengambil Perabotan Dari Pinggir Jalan atau Tempat Sampah

Hindari mengambil furnitur apa pun dari tepi jalan atau tempat sampah, karena kutu busuk mungkin sudah menempatinya. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro