Buah Nanas
Health

Rekomendasi Pakar Kesehatan, Ini 10 Buah yang Baik Untuk Tubuh

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mengkonsumsi buah merupakan suatu hal baik karena membantu tubuh memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Faktanya, terdapat beberapa buah yang memiliki nutrisi tinggi untuk tubuh. 

Buah sering dianggap sebagai camilan sehat setelah makan maupun sebelum makan. Kadang-kadang buah juga dikonsumsi untuk mengganjal perut di pagi hari atau di sore hari. 

Begitu banyak jenis buah yang menawarkan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan alami, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisi buah dan kelezatannya. 

Seperti dikutip dari realsimple.com, pada Kamis (23/11/2023), terdapat beberapa jenis buah yang memiliki nutrisi lebih dan baik untuk kesehatan tubuh seperti: 

1. Alpukat

Popularitas alpukat semakin meningkat, dan dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari smoothie hingga jus alpukat. Faktanya, orang Amerika kini telah meningkatkan konsumsi alpukat hingga hampir 8 setengah pon per orang, per tahun. 

Alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, karena mengonsumsi makanan kaya potasium seperti alpukat dapat membantu mengurangi efek natrium. 

Selain lezat, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan. Penelitian menunjukkan alpukat dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. 


2. Bluberi

Blueberry mudah untuk dimakan, dan sangat sehat. Satu cangkir blueberry menyediakan empat gram serat bermanfaat, bersamaan dengan nutrisi penting seperti mangan, vitamin C, dan vitamin K, serta antosianin sejenis fitonutrien.

Ada beberapa penelitian menarik mengenai blueberry. Faktanya, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Food & Function menemukan bahwa menikmati satu cangkir blueberry segar sehari dapat meningkatkan fungsi endotel. Hal ini membantu menjaga pembuluh darah kita berjalan lancar, dan oleh karena itu penting untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.


3. Apel

Apel kaya akan serat dan polifenol bermanfaat, yang menurut penelitian dapat membantu menurunkan kolesterol dan mendukung kesehatan jantung. Sebuah apel utuh memiliki banyak nutrisi termasuk nutrisi tambahan yang mendukung otak seperti omega-3 (DHA dan EPA) dan kolin.


4. Rasberi

Breanna Guan, seorang praktisi neuropati, menjuluki raspberry sebagai buah terbaik untuk kesehatan kulit dan hormon. Hal ini karena rasberi mengandung vitamin C, dapat membantu mendukung produksi kolagen, dan melindungi kulit dari penuaan dengan meredam radikal bebas serta menghentikan stres dan kerusakan oksidatif.

Asam ellagic adalah polifenol utama dalam raspberry, yang membantu mengurangi dampak negatif estrogen beracun, yaitu 4-hidroksi-17ß-estradiol, 4E2, yang berhubungan dengan kanker terkait estrogen.


5. Pisang

Pisang adalah buah dengan glikemik tinggi. Kemasan alaminya yang sempurna membuatnya mudah dimakan saat bepergian, baik untuk anak-anak maupun atlet. Tinggi karbohidrat, pisang menyediakan sumber energi yang cepat. Pisang juga kaya potasium, untuk kesehatan jantung dan alkalinitas.

6. Jeruk lemon

Lemon adalah jenis buah yang terbilang cukup kaya akan nutrisi dan pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh.

Lemon dikenal sebagai buah pembersih, yang mengurangi peradangan dan memberikan banyak manfaat, termasuk merangsang pencernaan. Campurkan air lemon dengan air hangat dan jahe untuk membantu menangkal penyakit musiman. Lemon juga bisa menjadi hiasan yang sangat baik dan tambahan untuk resep makanan laut, salad, pasta, dan banyak lagi.

7. Semangka

Manis dan menghidrasi, semangka adalah minuman elektrolit alami dan ada banyak cara untuk menikmati buahnya. Semua orang menikmati sepotong semangka yang enak. Semangka memiliki jajaran vitamin yang sangat mengesankan dengan  karotenoid dan likopen yang sangat baik untuk kesehatan mata, jantung, dan pria, serta pencegahan kanker. 

8. Stroberi

Stroberi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dalam menyediakan banyak vitamin dan mineral lainnya, dan bahkan dapat membantu mengatur gula darah. Stroberi tinggi air dan rendah karbohidrat dan memberikan tambahan nutrisi yang besar dengan kalori yang sangat sedikit.

Stroberi dapat dengan mudah dinikmati sendiri, diiris di atas arugula atau salad bayam, dicampur menjadi smoothie atau bahkan dihaluskan untuk bayi. Stroberi juga dibekukan dengan baik. sehingga kamu dapat menikmatinya sepanjang tahun.


9. Ceri

Ceri adalah salah satu buah yang paling sehat karena kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Ceri juga  adalah sumber serat, potasium, dan vitamin C yang baik, serta mengandung vitamin dan mineral lainnya juga.  Ceri juga dapat membantu mengatasi peradangan, karena dianggap sebagai makanan anti-inflamasi. 


10. Nanas

Buah tropis ini tidak selalu paling mudah untuk diiris,  tetapi nanas yang matang sangat lezat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nanas tinggi vitamin C dan mangan, nanas juga mengandung vitamin B6, seng, thiamin, folat, dan potasium, serta rendah lemak. 

Meskipun mengandung gula alami, irisan nanas adalah pilihan yang bagus untuk pecinta makanan manis daripada (atau sebagai tambahan), makanan penutup yang lebih diproses. Nanas juga bisa dimasak dan disajikan bersama protein, seperti ayam panggang, dan masakan lainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro