Teh hijau dan lemon
Health

Dari Blueberry hingga Cokelat, Ini 15 Makanan Kaya Antioksidan

Kresensia Kinanti
Jumat, 11 Agustus 2023 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Antioksidan adalah senyawa kuat yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan mencegah beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan.

Oksidan sendiri merupakan radikal bebas yang ada di lingkungan, tetapi juga diproduksi secara alami dalam tubuh.

Setiap dari kita memiliki antioksidan dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh setiap saat. Beberapa antioksidan diproduksi oleh tubuh itu sendiri, di samping itu zat ini juga bisa didapatkan dari makanan. Antioksidan dapat ditemukan pada makanan, termasuk buah dan sayuran.

Konsumsi makanan tinggi antioksidan merupakan cara alami untuk memenuhi asupan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

Berikut ini adalah 15 makanan yang kaya akan antioksidan yang baik untuk dikonsumsi.

 1. Blueberry

Blueberry mengandung antosianin, antioksidan kuat yang meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penurunan kognitif.

2. Cokelat hitam

Kakao dalam cokelat hitam sarat dengan flavonoid, yang dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah.

3. Bayam

Bayam kaya akan vitamin A dan C, serta lutein dan zeaxanthin, yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dan melindungi dari degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

4. Kacang kenari

Kenari adalah sumber asam alfa-lipoat yang sangat baik, yang dapat membantu regenerasi antioksidan lain di dalam tubuh, sehingga meningkatkan keefektifannya.

5. Teh hijau

Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dikenal dengan khasiatnya yang dapat melawan kanker dan kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

6. Kale

Kale menawarkan berbagai antioksidan, termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki efek anti-inflamasi dan pelindung jantung.

7. Strawberry

Kaya akan vitamin C dan anthocyanin, strawberry berkontribusi pada kesehatan kulit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

8. Kacang pecan

Kacang pecan kaya akan gammatokoferol, suatu bentuk vitamin E yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan melawan stres oksidatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro