Cek 5 negara yang mengalokasikan dana ke sektor pendidikan yang tinggi di Asia/ Dok Freepik
Travel

5 Negara Asia yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik, Ada Israel dan Uni Emirat Arab

Redaksi
Jumat, 24 November 2023 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Dalam dunia teknologi dan pendidikan yang terus berkembang, negara berinvestasi besar-besaran untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan mereka.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan, ada beberapa negara Asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik.  

Dilansir dari laman Insider Monkey, simak 5 Negara di Asia dengan sistem pendidikan terbaik dilihat dari pengeluaran pemerintah untuk pendidikan sebagai persentase dari PDB.

1. Israel

Israel adalah negara Asia dengan sistem pendidikan terbaik. Negara ini menghabiskan banyak uang untuk pendidikan. Pada tahun 2021, anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan adalah 7,42% dari PDB.

Negara ini juga memiliki beberapa universitas berperingkat tinggi, termasuk Universitas Tel Aviv dan Universitas Ibrani Yerusalem.

2. India

India berada di urutan kedua dalam daftar negara Asia dengan pendidikan terbaik. India adalah rumah bagi 45 universitas peringkat tinggi, termasuk Institut Teknologi Bombay (IITB), Institut Teknologi Delhi (IITD), dan Institut Sains India.

Pada tahun 2021, pengeluaran pemerintah dari PDB untuk pendidikan mencapai 4.64%.

3. Kazakhstan

Kazakhstan adalah salah satu negara Asia dengan pendidikan terbaik. Negara ini telah mengalokasikan 4,39% dari total PDB untuk pendidikan pada tahun 2021.

Beberapa perguruan tinggi di Kazakhstan, seperti Universitas Nasional Kazakhstan Al-Farabi, L.N. Gumilyov Eurasian National University (ENU), dan Universitas Satbayev menduduki peringkat tinggi di antara 1500 universitas terbaik di dunia.

4. Malaysia

Malaysia memiliki 28 universitas dengan peringkat tinggi. Beberapa lembaga pendidikan tinggi yang paling terkenal termasuk Universiti Malaya (UM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Putra Malaysia (UPM). Pada tahun 2021, pengeluaran pemerintah untuk pendidikan sebagai persentase dari PDB adalah 4,27%.

5. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah salah satu negara Asia dengan sistem pendidikan terbaik. Beberapa lembaga pendidikan tinggi yang terkenal adalah Universitas Sains dan Teknologi Khalifa, Universitas Uni Emirat Arab, dan Universitas Sharjah. Pada tahun 2021, negara ini menghabiskan 3,9% dari PDB untuk pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro