Pusing/Boldsky.com
Health

10 Cara Menjauhi Diri dari Orang Energi Negatif

Novita Sari Simamora
Sabtu, 25 November 2023 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjauhi diri dari orang-orang energi negatif atau citra negatif adalah tindakan yang tepat untuk membangun hidup yang harmonis dan tentunya berdampak baik. 

Setiap orang suka membentuk diri menjadi lebih baik, hal ini lebih dikenal dengan orang yang punya positif vibes. Orang dengan tipe seperti ini memiliki daya tarik tersendiri dan lebih banyak disukai orang.

Namun, untuk membentuk diri menjadi positif dan menjauhi energi negatif bukan hal yang mudah. Ketika Anda terjebak dalam kebiasaan energi negatif, akan sulit untuk keluar dari diri Anda. 

Untungnya, ada banyak cara untuk mendatangkan banyak energi positif ke dalam hidup Anda. Pertama dan terpenting, membiasakan berpikir positif , yang dapat menghilangkan perasaan dan energi negatif dari hidup Anda.

Dilansir berbagai sumber, berikut cara menjauhi diri dari energi negatif:

1. Batasi diri Anda pada Media Sosial

Batasi seberapa banyak Anda boleh mengakses media sosial. Batasan ini setidaknya 75% lebih sedikit dari seberapa aktif Anda di media sosial saat ini.

2. Berhenti mengikuti sesuatu yang mengganggu

Anda mempunyai hak untuk menyaring lingkungan, orang atau hal yang dapat mengganggu masuk dalam hidup Anda. Tidak ada salahnya membungkam orang-orang yang memberi Anda hal-hal negatif. Hal ini akan berguna bagi Anda. 

3. Jangan masuk ke dalam pembicaraan negatif

Jika seseorang yang mengirim pesan kepada Anda atau berada dalam grup yang berbicara buruk tentang seseorang, keluarlah dari percakapan atau ubah topik pembicaraan dengan sopan. Ini akan menjaga sisi jalan Anda tetap bersih dan yang lebih penting, menjauhi energi buruk.

4. Cuci otak diri Anda dari mengeluh

Segera setelah Anda mulai mengeluh tentang sesuatu dalam hidup Anda, lihat kembali sesuatu yang akan menempatkan hidup Anda dalam perspektif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatakan pada diri sendiri “Saya sehat hari ini”, “Keluarga saya mencintai saya”, “Saya menemukan jodoh saya”atau apa pun yang membantu Anda menempatkan hidup Anda dalam perspektif positif. 

5. Mengeluarkan energi positif di dunia, biasanya menghasilkan energi positif

Jadilah orang yang positif dalam keluarga atau kelompok teman Anda, karena lengan melakukan ini, tentu saja lebih banyak hal positif akan menghampiri Anda. Hal ini bisa saja dengan membagikan postingan positif yang mempengaruhi orang lain dalam dunia maya. 

6. Ucapkan terima kasih atas semua aspek 

Luangkan waktu sejenak untuk membawa energi positif ke dalam hidup Anda dengan memikirkan segala hal yang Anda syukuri. Saat Anda sendirian, akui segala hal dalam hidup Anda yang membuat Anda bahagia, seperti teman dan keluarga. Anda juga dapat menuliskan daftar segala sesuatu yang membuat Anda bahagia, jika Anda ingin memiliki pengingat fisik.

7. Maafkan mereka yang pernah berbuat salah pada Anda

Luangkan waktu sejenak untuk memaafkan secara mental orang-orang yang telah menyakiti Anda, dan hilangkan pengaruh mereka dari hidup Anda. 

Memaafkan tidak berarti Anda harus memercayai atau menyukai orang itu, tetapi berarti Anda melepaskan diri dari masalah dan gejolak emosi yang menyertainya.

8. Jangan kompromikan kebahagiaanmu sendiri demi orang lain

Meskipun memikirkan orang lain itu penting, cobalah untuk tidak melupakan diri sendiri dalam prosesnya. Sebelum menyetujui melakukan sesuatu dengan teman atau anggota keluarga, putuskan apakah itu sesuatu yang akan membuat Anda bahagia atau tidak. Dengan menghindari aktivitas dan tugas yang membuat stres, Anda dapat mengundang lebih banyak energi positif dan produktif ke dalam hidup Anda.

9. Cobalah untuk tertawa dan tersenyum bila memungkinkan

Undanglah energi positif ke dalam hidup Anda dengan secara aktif mencari aspek-aspek sehat dan lucu setiap hari. Berusahalah untuk mengisi hidup Anda dengan orang-orang positif yang selalu membuat Anda tersenyum. Misalnya saja, cobalah biasakan menertawakan cerita ceria teman Anda dengan tulus.

10. Buang jauh-jauh pikiran dan perasaan negatif Anda 

Luangkan waktu sejenak untuk fokus pada apa yang membuat Anda terpuruk. Ketika Anda memikirkan topik negatif, pikiran Anda akhirnya dipenuhi dengan energi negatif. Sebaliknya, buatlah resolusi untuk menerima apa yang tidak bisa Anda ubah, dan cobalah melangkah maju dengan pikiran yang lebih positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro