Anak-anak sedang belajar berenang/Swim School
Health

Simak Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Sabtu, 25 November 2023 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Renang bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang cocok di akhir pekan. Kamu bisa menyempatkan waktu liburan untuk berenang dan dapatkan berbagai manfaatnya. 

Berenang meningkatkan metabolisme dan membantu memberi energi pada tubuh dan pikiran kamu. Inilah sebabnya berenang direkomendasikan sebagai olahraga yang tepat di akhir pekan, terutama bagi kamu yang sibuk bekerja. 

Dilansir Britannica (25/11/2023) berenang telah dipraktikkan sejak 2500 SM di Mesir dan setelahnya di peradaban Assyria, Yunani, dan Romawi. Di Timur, renang sudah ada sejak setidaknya abad ke-1 SM  dan terdapat beberapa bukti adanya perlombaan renang pada waktu itu di Jepang. Pada abad ke-1 SM RomawiGaius Maecenas konon membangun kolam renang berpemanas pertama.

Hingga saat ini, renang menjadi salah satu olahraga yang diminati. Renang nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan mood dan terbukti meningkatkan umur seseorang. 

Lebih lengkapnya, simak manfaat renang sebagai berikut: 

1.Berenang Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur, termasuk berenang, dapat meningkatkan umur panjang. Menurut laporan tahun 2017 yang ditugaskan oleh Swim England, perenang memiliki risiko kematian dini 28 persen lebih rendah dan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke 41 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berenang.

2. Berenang Dapat Membantu Tubuh Tetap Ramping

Berenang melibatkan segala hal mulai dari lengan, bahu dan kaki hingga otot inti, perekat, dan punggung. Artinya, orang yang berenang mendapatkan banyak manfaat metabolik. 

Dalam satu jam, orang dengan berat badan 155 pon dapat membakar sekitar 432 kalori saat berenang. Sebuah  studi yang diterbitkan pada tahun 2021 di  BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation menemukan bahwa berenang selama 16 minggu menyebabkan penurunan lemak tubuh dan BMI secara signifikan .

3. Berenang Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti bentuk latihan aerobik lainnya, berenang dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Berenang memungkinkan jantung menjadi lebih kuat dan paru-paru menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan oksigen. Penelitian juga menunjukkan berenang telah dikaitkan dengan mencegahan peningkatan hipertensi tekanan darah dan penanda kesehatan kardiovaskular lainnya.

4. Dapat Memperkuat Paru-paru 

Berenang melatih otot-otot yang terlibat dalam pernapasan, yang berarti dapat meningkatkan volume paru-paru dan membantu teknik pernapasan. Selain itu, jika menderita asma, kolam renang menyediakan tempat olahraga yang ideal, karena lembab, hangat dan biasanya, lingkungan dengan serbuk sari rendah.

Namun jika memiliki penyakit paru-paru atau kondisi lain yang dapat mengganggu kemampuan berolahraga, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rutinitas berenang.

5. Berenang Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak

Olahraga secara umum telah dikaitkan dengan peningkatan kognisi, tetapi para peneliti mempelajari manfaat spesifik berenang pada kognisi dan menemukan manfaat yang unik.

Dalam sebuah penelitian kecil dari jurnal Physiological Reports , peserta yang berenang dengan intensitas sedang selama 20 menit memproses informasi visual dan merespons lebih cepat tes kognitif yang dilakukan tepat sebelum dan segera setelah mereka berenang. Meskipun efeknya kecil (rata-rata sekitar 4 persen), fakta bahwa latihan tersebut menghasilkan perbedaan yang terukur hanya setelah satu kali latihan sangatlah penting. 

6. Latihan Air Dapat Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Semua olahraga bisa menjadi mood booster, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Journal of Psychology menemukan bahwa satu sesi berenang meningkatkan suasana hati bahkan lebih dari satu sesi tarian aerobik peningkatan serupa dalam suasana hati juga dikaitkan dengan yoga dan gerakan Feldenkrais, sebuah praktik kesadaran tubuh, pada populasi. 

7. Berenang Dapat Membantu Tidur

Kualitas tidur yang lebih baik adalah manfaat dari olahraga, salah satunya renang. Olahraga membantu mengatur ulang jam internal tubuh dan mengembalikan ritme sirkadian alami.

8. Bagi Penderita Sakit Kronis, Berenang Dapat Membantu

Kondisi seperti radang sendi dan fibromyalgia seringkali disertai dengan berkurangnya mobilitas dan dalam banyak kasus, nyeri jangka pendek atau panjang. Telah terbukti berenang membantu orang dengan kondisi muskuloskeletal meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro