Proses pengemasan ikan salmon/seafood.no
Health

Bahaya, Jangan Campur Ikan dengan 6 Makanan Ini

Redaksi
Sabtu, 25 November 2023 - 20:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak dapat dipungkiri lagi, ikan merupakan bentuk protein tanpa lemak dan asam lemak omega 3 tersehat yang membantu meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. 

Mengonsumsi ikan dengan cara yang tidak tepat, yaitu dimakan bersamaan dengan beberapa makanan ini yang justru akan berdampak buruk dan memicu penyakit pencernaan. 

Dilansir dari Times of India, berikut adalah 6 makanan umum yang sebaiknya dihindari untuk dimakan bersama ikan.

1. Produk susu

Mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya dengan ikan dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan, kembung, sakit perut, dan bahkan menyebabkan infeksi kulit dan alergi. 

Kombinasi produk susu dan ikan dapat mengganggu aliran pencernaan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan senyawa yang dapat memengaruhi pencernaan.

2. Buah jeruk

Ada yang berpendapat bahwa asam dalam buah jeruk dapat bereaksi dengan protein dalam ikan, sehingga menghasilkan rasa atau tekstur yang tidak enak.

3. Makanan olahan dan gorengan

Memasangkan ikan dengan makanan yang diproses atau digoreng dapat mengurangi manfaat kesehatan ikan. 

Tingginya kadar lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan yang digoreng dapat merusak kesehatan jantung.

4. Makanan bertepung

Hindari menggabungkan ikan dengan hidangan berat atau bertepung, seperti kentang atau pasta karena dapat menyebabkan asupan kalori dan karbohidrat yang berlebihan akan membuat sistem pencernaan menjadi lamban.

5. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengalahkan rasa ikan yang lembut. Selain itu, memasangkan makanan yang sangat pedas dengan ikan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan serta terjadinya kembung.

6. Kopi

Minum kopi dengan ikan dilarang untuk dikonsumsi secara bersamaan karena kandungan vitamin D dan berbagai mineral di dalam daging ikan akan lebih sulit diserap oleh tubuh jika minum kopi setelah mengonsumsinya.


Hal-hal yang perlu diingat saat memasak ikan

• Bakteri berbahaya apa pun akan berada di bagian luar ikan, bukan di bagian tengah. Jadi, Anda bisa memasak ikan utuh sesuai selera atau berwarna merah muda di bagian tengahnya, asalkan bagian luarnya sudah matang sepenuhnya.

 • Produk berbahan dasar ikan cincang, seperti kue ikan, harus dimasak hingga matang agar aman dikonsumsi. Ini karena seluruh produk dapat mengandung bakteri berbahaya.

Cara paling sehat untuk memasak ikan

• Panggang atau bakar ikan Anda, karena ikan yang digoreng jauh lebih tinggi lemaknya, terutama jika dilapisi adonan.

• Cobalah untuk tidak menambahkan garam apa pun ke ikan Anda. Terkadang yang dibutuhkan ikan hanyalah perasan lemon segar agar rasanya enak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro