Simak cara mencucu sweater/Foto ilustrasi street style yang sporty dan edgy, desainer Ai Syarif berkolaborasi dengan Ari Sanjaya dalam peluncuran koleksi busana yang diberi nama AS by Ai Syarif X Ari Sanjaya
Fashion

Lakukan Cara Ini, Agar Sweater Tidak Melar

Redaksi
Kamis, 30 November 2023 - 22:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti tidak ingin sweater kesayangan menjadi melar dan tidak cocok lagi untuk dipakai. 

Sweater tidak hanya berfungsi sebagai penghangat atau pakaian yang melindungi diri dari panas, tetapi juga merupakan trend fashion. 

Sweater banyak dikagumi dan dipakai oleh anak muda, sehingga muda ditemui dengan berbagai harga dari ratusan hingga jutaan. Untuk itu, menjadi sweater tetap bagus dan keren tentunya juga diperlukan. 

Simak tips agar sweater Anda tetap bagus dan tidak melar, caranya sangat gampang, Anda cukup mengubah beberapa kebiasaan sederhana, seperti mencuci, melipat dan menyimpan. 

Lebih lengkapnya, simak beberapa cara berikut : 

1. Baca label perawatan

Sebelum Anda mencuci, sebaiknya selalu membaca label perawatan di bagian dalam sweater Anda. Anda harus mencari tahu apakah sweater tersebut dapat dicuci di rumah atau harus dicuci kering. Label perawatan juga akan memberitahu Anda cara mencuci sweater tersebut dengan benar 

2. Cuci sweater Anda dengan tangan

Berikut cara mencuci sweater manual, teteskan sedikit deterjen lembut ke dalam bak cuci atau ember besar. Isi dengan air dingin dan desir airnya hingga sabunnya sedikit menggelembung. 

Masukan sweater kemudian kibaskan sweater dengan tangan Anda untuk menghilangkan kotoran. Biarkan sweater terendam selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin bersih. Carilah deterjen cucian yang lembut dan bebas pewangi.

3. Hindari memeras sweater 

Setelah Anda membilas sweater bersih dengan air dingin, jangan memelintir atau memeras sweater untuk menghilangkan kelebihan air. Lakukan cara berikut yang tepat, letakkan sweater basah di atas handuk mandi yang bersih dan tebal. Gulung handuk hingga sweater tergulung dan sisa air keluar.

4. Jemur sweater secara mendatar hingga kering

Ambil sweater basah dan letakkan di atas handuk lain yang bersih dan kering. Atur sweater agar rata dan lengannya tidak terlipat. Biarkan sweater hingga benar-benar kering di atas handuk.

Meskipun Anda bisa meletakkan sweater di rak pengering kayu, sweater mungkin akan timbul tonjolan. 

5. Jangan pernah menggantung sweater basah di gantungan hingga kering

Salah satu cara termudah untuk mencegah sweater melar adalah dengan menghindari menggantungnya. Jika Anda menyimpan sweater dengan cara digantung di lemari, lama kelamaan berat sweater akan menariknya ke bawah. 

Hal ini terutama berlaku untuk sweater tebal, besar atau sweater dengan manik-manik yang berat. Menggantungkan sweater pada hanger juga menyebabkan timbulnya tonjolan pada area bahu tempat hanger meregangkan kain.

6. Lipat sweater 

Daripada menggantung sweater, langkah yang lebih tepat adalah lipat atau gulung sweater dan menyimpan di lemari. Untuk melipat sweater, letakkan di permukaan datar sehingga bagian depannya menghadap ke bawah. Lipat masing-masing lengan di bagian belakang sweater sehingga menyilang.

Anda juga bisa menggulung sweater untuk mencegah peregangan. Setelah Anda meletakkan sweter dan melipat lengan ke dalam, kumpulkan ujung bawah sweater dan gulung hingga ke kerah.

7. Hindari menggunakan kantong bersegel vakum untuk menyimpan pakaian

Kelembaban apapun yang tersegel di dalam tas berisi pakaian dapat menyebabkan jamur dan noda. 

8. Hindari menarik bagian ujung bawah baju

Jika Anda mempunyai kebiasaan menarik lengan baju atau ujung bawah sweater Anda ke bawah, hentikan kebiasaan itu. Menarik bagian sweater atau ujungnya akan meregangkan sweater sehingga akan membuatnya aus dalam jangka panjang. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro