Bermain dengan ponsel akan membuat kualitas tidur seseorang terganggu. /Philip
Health

Bahaya, Jangan Meletakkan HP di Tempat Tidur

Redaksi
Jumat, 1 Desember 2023 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian telah menemukan bahwa orang yang sering menggunakan HP sebelum tidur, cenderung mengalami kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk.

Namun, ponsel kini sudah menjadi perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hingga sebagian orang tidak bisa lepas dari ponsel, bahkan sebelum tidur.

Oleh karena itu, pengguna ponsel seringkali meletakkan ponsel miliknya di atas kasur. Alasannya beragam, karena sedang mendengarkan musik, memasang alarm agar terdengar jelas, atau agar mudah dijangkau ketika ada notifikasi masuk.

Dilansir dari Health, simak hal yang terjadi, jika meletakkan HP di atas kasur saat tidur:

1. Mengganggu Siklus Tidur

Penelitian telah menghubungkan penggunaan ponsel dan layar dengan gangguan dalam ritme siklus tidur-bangun alami. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2018 mencatat bahwa penggunaan ponsel dalam waktu satu hingga dua jam setelah tidur berdampak negatif terhadap tidur, terutama pada balita dan anak-anak.

Kadar melatonin, hormon yang membuat Anda lelah, biasanya meningkat sebelum Anda tidur. Ponsel memancarkan cahaya biru, menghambat produksi melatonin, membuat Anda lebih waspada dan tidak mengantuk seperti biasanya.

kualitas tidur yang cukup membantu Anda menghilangkan stres dan membuat Anda merasa produktif pada hari berikutnya. Penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk meningkatkan stres. Bahkan satu malam tidur yang terganggu dapat membuat Anda lelah, menurunkan produktivitas.

2. Menimbulkan Risiko Terbakar atau Luka Bakar

Alasan penting untuk tidak lagi meletakkan ponsel di kasur ialah adanya risiko kebakaran. Kebakaran di tempat tidur atau ledakan telepon dapat menyebabkan luka fisik yang nyata.

Penelitian telah menemukan bahwa baterai yang terbakar atau terlalu panas telah menyebabkan beberapa luka bakar tingkat dua. Luka bakar tingkat dua dapat menyebabkan gejala seperti melepuh, kemerahan dan pembengkakan.

3. Merangsang Pikiran Anda

Penelitian telah menemukan bahwa tingkat insomnia telah meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan ponsel di kalangan masyarakat.

Ponsel adalah sumber informasi yang tidak terbatas, yang dapat memicu keadaan gairah dan kewaspadaan. Stimulasi itu mungkin membuat Anda sulit untuk tertidur.

Beberapa bukti menunjukkan penggunaan ponsel pada malam hari dan perangkat interaktif lainnya seperti video game memiliki efek yang lebih berpengaruh terhadap tidur daripada aktivitas layar malam hari pasif, seperti menonton TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro