Hypersomnia, rasa lelah berlebiihan/cleveland clinic
Health

Simak Makanan Terbaik agar Membuat Tidur Nyenyak

Redaksi
Jumat, 1 Desember 2023 - 18:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur merupakan istirahat terbaik bagi tubuh bagi kesehatan dan bisa meningkatkan kebugaran seseorang.

Kualitas tidur bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya asupan nutrisi. Berbagai riset menunjukkan bahwa nutrisi tertentu, seperti magnesium, vitamin B, folat, protein, asam amino triptofan, serta antioksidan, terbukti berperan penting dalam menentukan kualitas tidur seseorang.

Hal ini karena asupan gizi berperan penting dalam pengaturan zat kimia otak yang berfungsi untuk mengontrol jam dan kualitas tidur, seperti melatonin dan serotonin. 

Dilansir dari Sleep Foundation, terdapat pilihan makanan yang dapat membantu tidur Anda:

1. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan E serta kalium dan folat.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan dua kiwi satu jam sebelum tidur menemukan bahwa mereka tertidur lebih cepat, tidur lebih banyak, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

2. Ceri Asam

Beberapa penelitian telah menemukan manfaat tidur untuk orang yang minum jus ceri tart. Dalam satu penelitian, orang-orang yang minum dua porsi satu cangkir jus ceri asam per hari ditemukan memiliki lebih banyak waktu tidur total dan efisiensi tidur yang lebih tinggi.

Manfaat ini berasal dari ceri asam memiliki konsentrasi melatonin di atas rata-rata, yang merupakan hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan tidur yang sehat. 

3. Susu Malt

Susu malt dibuat dengan menggabungkan susu dan bubuk yang diformulasikan khusus yang mengandung tepung terigu, gandum malt, dan jelai malt bersama dengan gula dan berbagai macam vitamin. 

Penelitian kecil menemukan bahwa susu malt sebelum tidur mengurangi gangguan tidur. Namun, manfaat ini tidak dapat dipastikan tetapi memungkinkan ada hubungannya dengan vitamin B dan D dalam susu malt.

4. Ikan Berlemak

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa ikan berlemak merupakan makanan yang baik untuk tidur yang lebih baik. 

Para peneliti percaya bahwa ikan berlemak dapat membantu tidur dengan memberikan dosis vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sehat, yang terlibat dalam pengaturan serotonin tubuh. 

5. Kacang

Kacang seperti almond, kenari, pistachio, dan kacang mete sering dianggap sebagai makanan yang baik untuk tidur. Meskipun jumlahnya dapat bervariasi, kacang-kacangan mengandung melatonin serta mineral seperti magnesium dan seng yang penting untuk berbagai proses tubuh.

6. Nasi

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa orang yang teratur makan nasi memiliki tidur yang lebih baik daripada mereka yang makan lebih banyak roti atau mie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro