Matcha green tea/Istimewa
Health

7 Manfaat Matcha untuk Kesehatan

Redaksi
Senin, 4 Desember 2023 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini makanan dan minuman rasa matcha sedang populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang khas.

Matcha adalah bubuk teh hijau yang dihasilkan dengan cara menggiling daun dan beberapa bagian tanaman teh hijau hingga halus.

Berkat kondisi pertumbuhannya yang unik, tanaman teh ini menghasilkan jumlah asam amino yang lebih tinggi, termasuk L-theanine, senyawa tanaman yang disebut polifenol serta nutrisi antioksidan seperti vitamin C.

Dilansir dari BBC Good Food, berikut adalah manfaat matcha untuk kesehatan

1. Polifenol pelindung tinggi

Senyawa yang disebut polifenol diketahui melindungi tubuh dari penyakit dan memberikan kontribusi penting terhadap diet yang sehat dan seimbang.

2. Meningkatkan kesehatan, fungsi, dan kewaspadaan otak

Matcha adalah sumber terkonsentrasi polifenol, klorofil, kafein, dan L-theanine yang semuanya bermanfaat bagi fungsi otak. Sebagai stimulan, kafein bekerja pada sistem saraf pusat, meningkatkan metabolisme energi di seluruh otak serta meningkatkan kewaspadaan dan kinerja memori.

3. Menghilangkan stres

Asam amino L-theanine memungkinkan memiliki manfaat untuk sistem saraf. Dari perspektif yang menenangkan, itu membantu meningkatkan tingkat neurotransmitter santai GABA yang menenangkan dan merilekskan pikiran.

Namun, seberapa efektif secangkir matcha Anda tergantung pada keaslian asalnya dan proses penting menaungi tanaman selama tahap pertumbuhan, yang meningkatkan kadar L-theanine.

Matcha tradisional Jepang kaya akan L-theanine, dengan kadar kafein dan katekin yang lebih rendah. Sayangnya, matcha yang diproses secara komersial sering kali gagal memenuhi rasio ini sehingga tidak memiliki manfaat penghilang stres.

4. Dapat mendukung jantung yang sehat dan sistem kardiovaskular

Studi menunjukkan bahwa teh hijau, seperti matcha adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi terkait, seperti serangan jantung dan stroke.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan memilih teh, terutama varietas teh hijau, Anda dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Teh hijau seperti matcha, tampaknya lebih bermanfaat dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang daripada jenis teh lainnya karena tingkat senyawa tanaman yang lebih tinggi, pengurangan oksidasi dan peningkatan kapasitas antioksidan.

6. Membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian, senyawa tanaman dan kafein dalam varietas teh hijau seperti matcha dapat meningkatkan laju metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak pada orang yang memiliki proporsi lemak perut yang tinggi.

7. Mengontrol gula darah

Penelitian menunjukkan teh hijau seperti matcha, dapat meningkatkan respons kita terhadap hormon gula darah, insulin. Hal ini menghasilkan memiliki efek menguntungkan pada kemampuan Anda mengendalikan gula darah. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro