Psoriasis/unair
Health

Tips Kelola Peradangan Kronis Karena Psoriasis

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 23 Juni 2023 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Psoriasis adalah penyakit kulit berupa plak gatal atau benjolan bersisik yang muncul pada kulit. Psoriasis umumnya muncul di siku, lutut, dan kulit kepala.

Melansir Healthline, pada psoriasis, respons inflamasi dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, tubuh akan memproduksi sel kulit baru setiap beberapa hari.

Setelah itu, Sel-sel ini akan menumpuk di permukaan kulit, lalu berubah menjadi plak psoriasis dan benjolan bersisik.

Meskipun psoriasis adalah kondisi kulit, peradangan yang terkait dengan psoriasis mempengaruhi seluruh tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, penyakit radang usus, dan radang sendi psoriatis.

Melansir Medical News Today, hingga saat ini belum ada obat untuk menangani psoriasis.

Namun, Anda tetap bisa melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat untuk membantu mengurangi peradangan terkait psoriasis.

Berikut cara mengurangi dan mencegah munculnya psoriasis

1. Makan makanan yang bergizi

Sebuah penelitian menunjukan bahwa pola diet inflamasi tertentu dapat meningkatkan risiko psoriasis dan memperburuk gejala. Untuk itu, Anda perlu memiliki pola makan yang bergizi seperti:

- Menghindari makanan dan minuman tertentu yang mengandung zat pro-inflamasi karena dapat meningkatkan peradangan dan memicu gejala psoriasis. Contohnya soda dan makanan ultra-proses seperti camilan asin, permen, dan produk daging olahan.

- Anda dapat melakukan diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan makanan bergizi lainnya secara konsisten mengurangi gejala psoriasis. Adapun Anda mungkin dapat melakukan pola makan gaya Mediterania.

2. Berat badan yang sehat

Orang dengan psoriasis yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat memperburuk gejala daripada mereka yang memiliki berat badan yang sedang.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa orang yang mengalami psoriasis dan telah melakukan penurunan berat badannya sebesar 12 persen melalui program 10 minggu akan mengalami penurunan tingkat keparahan psoriasis sebesar 50-75 persen.

3. Pola hidup sehat lainnya

Adapun beberapa kebiasan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala psoriasis, antara lain:

- Menghindari atau berhenti merokok
- Mengurangi konsumsi alkohol
- Tetap aktif dengan cara olahraga secara teratur dan menghindari duduk dalam waktu yang lama - menjaga kualitas tidur selama 7-9 jam per malam
- Mengelola tingkat stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro