Kunyit. /litbang kemendagri
Health

10 Rekomendasi Buah, Sayur dan Rempah untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Sistem kekebalan tubuh merupakan perlindungan utama tubuh terhadap infeksi, virus, dan penyakit.

Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur.

Buah dan sayur merupakan makanan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh karena mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin, mineral, dan fitonutrien (senyawa kimia yang ditemukan pada tanaman) untuk meningkatkan imun dan melawan bakteri serta virus penyebab sakit.

Meskipun semua buah dan sayur mengandung mineral, serat, dan fitonutrien, ada beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan lebih tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa buah dan sayur yang baik untuk jaga kekebalan tubuh.

1. Paprika merah

Paprika merah merupakan sumber vitamin C dan E, serta mengandung banyak mineral, serat, dan senyawa tanaman yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Brokoli

Kandungan serat larut dan vitamin A, B6, dan C yang terkandung dalam brokoli menjadikan sayuran ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Jeruk bali

Dibandingkan dengan semua jenis jeruk, jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi. Satu buah jeruk bali mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian, ditambah serat larut, mineral, dan vitamin A yang baik untuk kekebalan tubuh.

4. Bayam

Bayam merupakan sumber antioksidan yang kaya akan vitamin A, C, dan E, serta sumber zat besi yang baik. Serat dan senyawa tanaman yang juga ditemukan dalam bayam membuat sayuran ini menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Blackberry

Sama seperti buah jeruk, buah beri merupakan buah yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah beri, khususnya blackberry kaya akan mineral, vitamin C, dan senyawa tanaman, serta kandungan serat yang baik.

Mengonsumsi delapan gram blackberry dapat mendukung mikrobioma usus yang berkembang, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Alpukat

Selain kaya akan vitamin C dan E, alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung serat larut terbaik. Kekuatan prebiotiknya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan usus.

7. Jahe

Akar jahe mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antimikroba dan antibiotik alami untuk membantu menangkal infeksi, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas, sehingga mampu meningkatkan imun dan bertindak sebagai anti-virus.

9. Kiwi

Kiwi menjadi salah satu buah yang baik untuk mendukung kekebalan tubuh karena sarat akan serat, senyawa tanaman, mineral, serta vitamin C dan E.

10. Bawang putih

Bawang putih yang dihancurkan, dikunyah, atau dicincang halus melepaskan komponen kimia yang disebut allicin, yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh lebih siap untuk melawan infeksi atau virus.

Mengonsumsi bawang putih secara teratur telah terbukti mengurangi risiko gejala flu dan mengurangi risiko sakit. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro