Sayuran brokoli baik bagi kesehatan tubuh.
Health

7 Sayuran yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mengkonsumsi sayuran telah terbukti menambah nutrisi pada tubuh. Faktanya, ada beberapa sayuran yang nutrisinya memberikan manfaat lebih pada kesehatan tubuh jika dibandingkan sayuran lain. 

Semua sayuran menawarkan khasiat dan senyawa yang meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit. Namun, beberapa sayuran lebih padat nutrisi dan fungsional dibandingkan yang lain. 

Sayuran yang kaya akan senyawa berkhasiat seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan fitonutrien lainnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu menangkal penyakit. 

Seperti dikutip dari realsimple.com pada Kamis (23/11/2023), terdapat 7 jenis sayuran yang memiliki khasiat lebih untuk tubuh meliputi: 

1. Brokoli 

Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa kamu konsumsi. Hal ini karena Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang telah dikenal dapat melawan kanker. 

Selain itu, Brokoli uga merupakan sumber vitamin C,  yang penting untuk sistem kekebalan tubuh kita, dan potasium, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan penurunan tekanan darah.

2. Kol Bunga

Kembang kol mengandung senyawa yang disebut glukosinolat dan isothiocyanates, yang juga dikaitkan dengan pelawan kanker.

Bunga kol juga merupakan sumber folat,  vitamin C, dan vitamin K sehingga baik untuk memenuhi nutrisi pada tubuh.

3. Kubis Brussel 

Kubis Brussel mengandung senyawa yang disebut kaempferol, yang juga dikaitkan dengan sifat melawan kanker dan anti-inflamasi. 

Kubis Brussel juga dikenal mendukung kesehatan kardiovaskular, usus, dan metabolisme , dan merupakan sumber folat, vitamin C dan K, potasium, dan magnesium. 


4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, termasuk bayam , kangkung , dan lobak Swiss, harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari kamu. Hal ini karena mereka mengandung senyawa yang telah terbukti mengurangi risiko kanker, dan merupakan sumber lutein, zeaxanthin, dan beta karoten, yang mendukung kesehatan kardiovaskular dan mata. 


5. Kacang, Lentil, dan Kacang Polong 

Kacang-kacangan ini adalah sumber protein nabati yang tinggi tanpa lemak jenuh dan kolesterol makanan yang ditemukan di sebagian besar makanan hewani berprotein tinggi.

Mereka juga merupakan sumber potasium yang baik, yang mendukung kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah, serta mengandung serat larut dalam jumlah tinggi, yang mendukung penurunan kadar kolesterol dan kesehatan metabolisme melalui efek pembentuk gel di usus.

Hal ini memperlambat pencernaan glukosa, sehingga meningkatkan kontrol gula darah, serta kesehatan pencernaan, dengan meningkatkan lebih banyak bakteri menguntungkan dalam mikrobioma usus.


6. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung semua gula alami, menjadikannya alternatif yang bagus untuk makanan yang sangat manis dengan tambahan gula. Satu ubi jalar berukuran sedang menyediakan sekitar 115 kalori dan 4 gram serat penyeimbang gula darah.

Ubi jalar juga kaya akan nutrisi bermanfaat seperti vitamin A , vitamin C, dan mangan. Selain itu, ubi jalar merupakan sumber potasium yang sangat baik, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.


7. Jamur 

Jamur segar adalah sumber nutrisi yang kaya akan nutrisi pendukung kekebalan seperti vitamin D, selenium, seng , tembaga, dan vitamin B.

Sebagai contoh, hanya empat jamur crimini yang menyediakan 44 persen dari asupan seng yang direkomendasikan, dan 38 persen untuk selenium, dua nutrisi yang membantu mencegah kerusakan sel dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat. 

Jamur juga merupakan satu-satunya makanan di sektor produksi yang mengandung vitamin D. Segenggam jamur yang terkena paparan sinar UV saja dapat menjadi sumber vitamin D yang sangat baik, dan hal ini sangat membantu mengingat lebih dari 40 persen populasi mungkin mengalami kekurangan vitamin D. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro