Bayam/bandt.com.au
Health

12 Sayuran yang Baik untuk dikonsumsi Penderita Diabetes

Redaksi
Jumat, 6 Oktober 2023 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa makanan dapat membantu menurunkan gula darah, tetapi beberapa makanan mungkin lebih efektif daripada yang lain.

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika juga berperan dalam mengatur gula darah, mengikuti pola makan yang sehat sangat penting untuk manajemen gula darah.

Dilansir dari laman Zee News dan Eating Well, Jumat (6/10/2023), berikut adalah beberapa sayuran yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

1. Selada

Berbagai jenis selada, seperti Romaine dan Iceberg, memiliki nilai GI (indeks glikemik) yang rendah dan sangat baik untuk penderita gula darah tinggi.

2. Kale

Tinggi serat dan rendah karbohidrat, kale adalah sayuran hijau bergizi dengan indeks glikemik rendah.

3. Bayam

Seperti semua sayuran hijau lainnya, bayam kaya akan nutrisi dan sangat rendah kalori. Bayam juga kaya akan zat besi, yang merupakan kunci untuk aliran darah yang sehat.

Menurut studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, bayam juga mengandung selaput yang disebut thylakoids, yang mengandung zat yang dapat membantu sensitivitas insulin.

4. Brokoli

Mengandung GI rendah, brokoli adalah sayuran silangan yang sarat dengan vitamin dan mineral.

5. Kembang kol

Dicerna dan diserap secara perlahan, kembang kol termasuk dalam kategori GI rendah dan merupakan sayuran serbaguna yang dapat ditemukan dalam berbagai hidangan.

6. Timun

Mentimun atau timun adalah sayuran tinggi air yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, serta merasa kenyang. Sebuah tinjauan pada tahun 2022 dalam jurnal Molecules menemukan bahwa mentimun dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah serta mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro