Open Plan/repro
Entertainment

Tips Interior Agar Rumah Kecil Tak Terasa Sempit

Mutiara Nabila
Sabtu, 9 Desember 2023 - 11:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini tak bisa dipungkiri harga tanah dan rumah semakin mahal. Hal ini membuat rumah atau apartemen yang dijual berukuran lebih kecil. 

Hunian yang berukuran kecil ini juga kerap menjadi pilihan bagi pasangan yang baru menikah, atau bahkan bagi anak muda yang baru mulai memiliki rumah sendiri. 

Namun, dengan penataan yang kurang tepat dan sembarangan membuat rumah yang sudah berukuran kecil bisa semakin terasa sempit dan berantakan. 

Sejumlah desainer interior ini membagi tipsnya agar ruangan-ruangan di rumah yang kecil bisa terasa lega dan tetap terasa nyaman. 

Janice Tjioe Interiors dan Maison Sava by Alphabirama mengatakan, agar rumah bisa terasa lebih nyaman bisa dengan mengutamakan fungsi furnitur daripada memilih bentuknya. 

"Misal pilih meja yang versatile, selain bisa jadi meja kopi bisa jadi meja samping sofa. Bisa juga gunakan furnitur-furnitur multifungsi seperti meja makan yang bisa dilipat sehingga ruang makan juga bisa difungsikan jadi ruang keluarga, atau gunakan meja bundar," ujarnya dalam konferensi pers Forme di Jakarta, Jumat (8/12/2023). 

Menurutnya, meja makan yang bundar bisa membuat alur pergerakan di dalam rumah yang kecil menjadi lebih bebas. Sedangkan jika sudah bertumbuh dan pindah ke rumah yang lebih besar, meja itu masih bisa digunakan untuk sebagai meja di tengah ruangan. 

Selanjutnya, pilih untuk ruang makan, pilih jenis furnitur yang ringan, bahannya mudah dibersihkan, dan jika ingin menggunakan tekstur kayu, pilih yang pori-porinya tertutup sehingga gampang dibersihkan.

"Dekor sesuai keinginan, ambil warna yang disuka lalu padukan dengan warna netral, kalau suka warna gonjreng bisa bikin pop of color aja, misalnya pakai satu bantal kuning di sofa abu-abu," ujarnya. . 

Senada, Janice Christine dari Twentyfifth mengatakan, untuk rumah kecil pastikan untuk mengukur luasan rumah terlebih dahulu sebelum membeli furnitur. 

Selain itu, hadirkan hiasan seperti tanaman dan vas, agar rumah terasa lebih "homey". Pilih juga furnitur yang simpel, tidak terlalu banyak pattern dan warnanya netral agar rumah terlihat lebih rapi. 

"Pemilihan furnitur untuk rumah kecil pertama lihat ukurannya, pakai warna netral seperti abu biar keliahatan luas, terus pilih yang timeless dan banyak fungsinya, jadi kalau ingin dekor ulang tidak perlu beli semua lagi dari awal," katanya.

Selain itu, mengingat keluarga kecil biasanya punya anak kecil juga, pastikan perabotan rumah terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan. 

"Pilih yang bahannya kuat dan mudah dibersihkan. Jangan pilih bahan seperti marmer untuk meja kopi misalnya karena selain berisiko pecah, juga dia mudah menyerap noda, perawatannya juga rumit, harus dipoles setahun sekali. Sebaiknya pilih yang bahan kayu dengan pori kecil atau metal," jelasnya. 

Kemudian, jika ingin menggunakan sofa juga saat ini sudah tersedia lapisan bahan yang sudah semi anti air, sehingga jika kena tumpahan air tidak langsung menyerap dan lebih mudah dibersihkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro