Butet Kartaredjasa/Jibiphoto
Entertainment

Butet Sebut Nomor Telepon dan WhatsApp Lumpuh, Disadap?

Nyoman Ary Wahyudi,Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 9 Desember 2023 - 11:43
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Butet Kertaredjasa diduga mendapat intimidasi hingga nomor telepon dan WhatsApp-nya lumpuh pada Sabtu (9/12/2023).

Hal ini disampaikannya di akun Instagram pribadinya, @masbutet. Ia pun menuliskan bahwa nomor telepon dan WhatsApp-nya saat ini tidak dapat digunakan.

“Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sedang dilumpuhkan. Silakan yang mau kontak ke nomor rumah atau nomor bojo,” tulisnya di Instagram.

Meskipun begitu, ia tidak menyebut secara rinci mengapa nomor teleponnya itu tidak dapat digunakan.

Namun sebelumnya, dugaan intimidasi terhadap Butet bermula saat dirinya harus menandatangani surat pernyataan agar tidak menyinggung soal politik saat pentas di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Jumat (1/12). 

"Intimidasi itu berupa surat pernyataan yang harus saya tandatangani bahwa saya tidak boleh bicara soal politik. Itu intimidasinya," kata Butet kepada wartawan, dikutip Rabu (6/12/2023).

Kemudian, dia juga menuturkan bahwa intimidasi atau komitmen tidak menyinggung politik di pentas seni itu tidak pernah dirasakan sejak 25-an tahun yang lalu atau sejak era reformasi.

"Selama ini tidak pernah ada yang gitu-gituan itu, baru kali ini. Sejak reformasi 1998 kami itu pentas monolog, teater gandring, program indonesia kita, tidak pake tanda tangan yang ada berkomitmen tidak bicara politik itu tidak ada. Jadi intimidasinya disitu bukan didatangi orang lalu ditekan tekan bukan begitu," tambahnya. 

Menurutnya, surat pernyataan tersebut merupakan salah satu dari syarat untuk diturunkan perizinan menggelar pertunjukannya.

"Itu yang melukai demokrasi kita. Itu kan berarti mau mengatur konten seni pertunjukkan, itu intimidasi," pungkas Butet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro