Ilustrasi/Dumblittleman
Relationship

Tanda-Tanda Anda Sembuh Secara Emosional setelah Patah Hati atau Trauma

Redaksi
Sabtu, 9 Desember 2023 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peristiwa buruk yang terjadi di masa lalu kerap meninggalkan bekas dalam pikiran atau trauma.

Peristiwa buruk sering kali membuat seseorang merasa hancur, hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan yang rumit seperti, rasa kehilangan yang besar, patah hati, dilecehkan atau diintimidasi dan masih banyak lagi.

Proses penyembuhan rasa sakit ini bukanlah hal yang mudah. Mungkin perlu waktu, kesabaran, dan keyakinan untuk benar-benar pulih dan menerima pengalaman tersebut sebagai bagian dari hidup.

Berikut ini tanda-tanda yang akan Anda lihat ketika Anda sembuh secara emosional.

1. Anda Berhenti Menyalahkan Orang Lain

Anda akan berhenti menyalahkan orang lain ketika menyadari hal itu tidak akan mengubah hal-hal dari masa lalu.

Anda mulai bertanggung jawab atas hidup Anda, rasa sakit Anda, penderitaan Anda dan kesalahan Anda sendiri. Anda tidak membuang waktu untuk membuat seseorang menyadari atas kesalahannya.

2. Anda Memaafkan Orang & Diri Anda Sendiri

Hal berikutnya yang Anda lakukan setelah berhenti menyalahkan orang lain adalah memaafkan orang-orang yang menyakiti Anda.

Hal ini merupakan langkah yang cukup sulit dilakukan, namun ketika Anda melakukannya akan membuat perasaan Anda menjadi damai.

Selain itu, Anda juga harus memaafkan diri sendiri atas kesalahan diri sendiri. Lebih baik jika Anda mulai belajar dari kesalahan, mengetahui pola & pemicu agar Anda dapat mengenal diri sendiri dan memperbaiki diri.

3. Anda Menyadari Semua yang Terjadi Karena Suatu Alasan

Peristiwa buruk seringkali membawa pelajaran berharga. Hal ini seperti menghubungkan titik-titik dari pengalaman negatif dari hidup saya untuk membentuk sesuatu yang bermakna.

Setiap kali hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda pikirkan, Anda harus selalu memiliki keyakinan bahwa hal itu terjadi karena suatu alasan. Hal tersebut akan membawa Anda ke tempat yang jauh lebih baik daripada yang sebelumnya.

4. Berhenti Melarikan Diri

Anda berhenti melarikan diri dari orang, hubungan, dan situasi yang telah menyakitimu di masa lalu. Sebab, tidak ada yang bisa menghindari penderitaan dengan melarikan diri. Pada titik tertentu dalam hidup Anda, Anda harus melakukan hal-hal yang menakutkan dan Anda tidak punya pilihan lain.

5. Menerima Perubahaan

Ketika orang-orang di sekitar Anda perilakunya berubah, melanggar janji yang pernah dibuat, memperlakukan Anda dengan buruk, Anda Menyadari bahwa tidak semua hubungan akan sempurna dan kebahagiaan tidak hanya berasal dari hubungan dengan orang lain. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro