Jamur sangat baik untuk kesehatan tulang/Istimewa
Health

7 Makanan yang Kaya Akan Biotin

Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Biotin, atau yang dikenal sebagai vitamin B7 adalah vitamin yang berperan penting dalam pembakaran protein, karbohidrat, dan lemak.

Biotin memiliki manfaat untuk menstabilkan gula darah, meningkatkan kolesterol baik, mencegah kerusakan saraf, dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak suplemen yang tersedia untuk mencukupi kebutuhan biotin dalam tubuh, ada banyak makanan kaya akan biotin yang juga baik untuk tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, simak makanan yang kaya akan biotin dan baik untuk tulang:

1. Jamur

Jamur kaya akan nutrisi yang memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya biotin. Kadar biotin yang tinggi pada jamur dapat berfungsi sebagai mekanisme perlindungan alami terhadap potensi bahaya kesehatan.

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, dan kenari merupakan sumber lemak tak jenuh, serat, dan kaya akan biotin.

3. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan karotenoid. Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber biotin yang baik untuk kesehatan.

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, alpukat, dan raspberry mengandung biotin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran paling padat nutrisi, karena kaya akan serat, kalsium, vitamin A dan C, serta biotin.

6. Kuning telur

Telur kaya akan vitamin B, protein, zat besi, fosfor, serta biotin. Telur utuh yang dimasak (50 gram) menyediakan sekitar 10 mcg biotin.

Namun, untuk menghindari keracunan Salmonella dan meningkatkan penyerapan biotin, pastikan telur dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.

7. Hati

Hati ayam atau sapi mengandung biotin yang tinggi. Hanya 3 ons (75 gram) hati sapi yang dimasak menyediakan hampir 31 mcg biotin. Sedangkan hati ayam yang dimasak mengandung 138 mcg biotin per 3 ons (75 gram). (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro