Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D/Istimewa
Health

Cek Manfaat Vitamin D untuk Tubuh dan Tulang

Redaksi
Sabtu, 2 Desember 2023 - 21:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium dan fosfor serta membantu pertumbuhan tulang. 

Tubuh akan mengalami kelainan tulang seperti tulang rapuh (Osteoporosis) dan tulang lemah (Osteomalacia) jika kurangnya asupan Vitamin D. Berikut beberapa gejala yang dialami bagi orang dewasa jika kurang asupan Vitamin D.

  1. Nyeri di daerah pinggul, panggul, dan kaki.
  2. Nyeri tulang atau otot yang membuat sulit menaiki tangga atau bangun setelah duduk di lantai.
  3. Mudah merasa kelelahan, letih, pegal dan nyeri.

Dokter umumnya mendiagnosis kekurangan ini dengan meresepkan tes darah. Kadang-kadang, dokter bahkan menyarankan untuk melakukan beberapa rontgen untuk menyelidiki kesehatan tulang secara keseluruhan.

Sebagian orang kekurangan vitamin D karena:

• Cenderung menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, baik di kantor atau di rumah.

• Sebagian besar gedung pencakar langit kita menghalangi sinar matahari alami.

• Kota-kota kita mengalami tingkat polusi yang sangat tinggi.

Untungnya, vitamin ini (juga disebut Vitamin Sinar Matahari) diproduksi secara alami oleh kulit kita saat kita terpapar sinar matahari.

Selain itu, cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar vitamin D adalah dengan mengonsumsi makanan dan suplemen tertentu.

Manfaat Vitamin D

Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika tubuh menerima vitamin D, berikut diantaranya:

1. Melawan Depresi

Vitamin penting ini mampu membantu dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Kebanyakan orang yang mengalami kecemasan diketahui juga kekurangan vitamin D.

2. Penurunan Berat Badan

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mencoba menurunkan berat badan harus menambahkan suplemen Vitamin D ke dalam makanan mereka. Itu karena Vitamin D memiliki efek penekan nafsu makan.

Selain itu, Vitamin D juga diketahui membantu mengobati autisme, gangguan autoimun , dan penyakit neuromuskular, dll.

3. Gigi Lebih Kuat

Faktor terpenting yang membuat gigi tetap sehat dan kuat adalah Vitamin D. Berdasarkan penelitian, orang yang kekurangan vitamin D memiliki masalah dengan enamel gigi yang terkelupas, memiliki celah, dan lain-lain.

4. Baik untuk Otak

Ketika seseorang menjadi mudah lupa, hal itu dikarenakan kurangnya Vitamin D yang diketahui dapat meningkatkan fungsi memori, kemampuan pemrosesan informasi, dan masih banyak lagi. 

5. Meningkatkan Kesehatan Seluruh Tubuh

Vitamin D membantu mencegah masuk angin, flu, dan kuman. Mengonsumsi suplemen Vitamin D secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempertahankan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

6. Perut Ramping

Jus jeruk kaya akan kebaikan vitamin D. Menurut penelitian orang yang meminum jus jeruk yang diperkaya vitamin D mampu menurunkan berat badan dengan sukses. Rutinlah untuk minum satu gelas jus dalam sehari.

7. Jantung Sehat

Kekurangan vitamin D menjadi penyebab utama masalah jantung. Untuk menghindari masalah jantung, pastikan makanan kaya vitamin D disertakan dalam diet Anda.

8. Rambut Berkilau

Ketika mulai memasuki usia tua dengan kepala penuh rambut tanpa ada bagian yang botak adalah mimpi bagi banyak orang. Vitamin D juga berperan penting dalam menentukan kondisi rambut yang baik, yakni dapat membantu menghidupkan kembali folikel rambut. 

Berikut ini merupakan sumber makanan yang kaya akan Vitamin D, karena sumber makanan dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D secara alami. Sumber makanan vitamin D atau suplemen vitamin D merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

- Ikan berlemak

- Ikan sarden

- Minyak hati ikan kod

- Tuna

- Kuning Telur

- Jamur

- Susu sapi

- Susu kedelai

- Jus jeruk

- Oatmeal

Mengonsumsi banyak makanan kaya vitamin D adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup nutrisi penting ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro