Mentimun salah satu makanan yang bisa membersihkan ginjal
Health

10 Makanan yang Dapat Membersihkan dan Detoksifikasi Ginjal

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting. Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah dari racun atau kelebihan senyawa tertentu agar tak menyebar ke seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan tertentu bisa membersihkan dan detoksifikasi ginjal, sehingga secara alami membantu menjaga kesehatan ginjal.

Saat ginjal tidak bekerja dengan baik, racun bisa berkembang dalam tubuh.

Racun tersebut akan menghambat fungsi normal ginjal, hati, hingga organ penting lainnya yang mengakibatkan kelelahan, sakit perut, sakit kepala, retensi air dan masalah lainnya.

Oleh karena itu, dalam menjaga kebersihan ginjal, Anda perlu memilih makanan yang menunjang kesehatan ginjal. Terutama bagi penderita penyakit ginjal.

Berikut beberapa makanan yang bisa membersihkan ginjal

1. Air

Air memiliki peran paling penting dalam membersihkan dan mendetoksifikasi ginjal. Tetap terhidrasi dapat sangat membantu dalam membuang racun dan limbah dan membantu memperbaiki ginjal secara alami.

2. Cranberry

Menurut para ahli kesehatan, mengonsumsi cranberry atau jus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, yang sering kali menambah ketegangan pada kandung kemih dan ginjal.

3. Ikan berlemak

Mengkonsumsi ikan berlemak seperti Salmon, tuna dapat membantu mendukung kesehatan ginjal.

Sebuah studi National Kidney Foundation, menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga sedikit menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit ginjal.

4. Buah jeruk

Mengkonsumsi jeruk nipis, lemon atau jeruk lainnya dapat memberikan hidrasi yang cukup dan membantu mengeluarkan racun dari ginjal. Hal ini disebabkan oleh adanya kadar sitrat yang tinggi dalam buah-buahan ini, yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan menghidrasi. Selain itu, mentimun memiliki efek diuretik, yang membantu dalam pencegahan batu ginjal dan membantu fungsi ginjal yang lebih baik.

6. Seledri

Seledri adalah sayuran rendah kalori yang dapat bertindak sebagai diuretik alami, membantu meningkatkan produksi urin dan berpotensi mengeluarkan racun dari tubuh.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel efektif dalam mencegah stres oksidatif pada ginjal. Hal ini meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, menciptakan kondisi optimal untuk kesehatan ginjal. Cuka sari apel juga mengandung asam sitrat yang melarutkan batu ginjal. Sering mengonsumsi cuka sari apel juga mengeluarkan racun dari ginjal.

8. Semangka

Semangka adalah diuretik ringan yang dapat menghidrasi dan membersihkan ginjal. Semangka kaya akan likopen, yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan memastikan ginjal berfungsi dengan baik. Selain itu, semangka juga memiliki sejumlah besar garam kalium yang mengatur keasaman urin dan mencegah pembentukan batu. Bahkan, makan semangka secara teratur sangat bagus untuk kesehatan ginjal.

9. Dandelion

Mengkonsumsi teh yang dibuat menggunakan dandelion organik kering atau akar dandelion segar (ditarik dari tanah) membantu membersihkan ginjal. Dandelion adalah tonik ginjal, tetapi juga merangsang produksi empedu untuk meningkatkan pencernaan dan meminimalkan limbah yang mencapai ginjal.

10. Basil

Basil adalah diuretik yang efektif yang menghilangkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Basil juga menurunkan kadar asam urat dalam darah dan meningkatkan kesehatan ginjal. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro