Celine Dion/bloomberg
Health

Penyanyi Celine Dion Terkena Sakit Sindrom Kaku, Ini Kondisinya

Novita Sari Simamora
Rabu, 20 Desember 2023 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Celine Dion sedang mengalami sakit yang cukup serius, yakni terserang gangguan otot. Ini disebut gejala sindrom orang kaku. 

Dilansir dari The Guardian, Rabu (20/12/2023), saudara perempuan Celine Dion, Claudette Dion mengungkapkan bahwa Celine sedang 'tidak bisa mengendalikan ototnya' karena sakit.

"Celine Dion tidak mampu mengendalikan otot-ototnya, karena mengidap penyakit autoimun yang disebut sindrom orang kaku," ungkap saudara perempuannya, Rabu (20/12/2023).

Claudette Dion mengatakan bahwa Celine Dion sedang berupaya untuk memerangi penyakit tersebut, tetapi masa depan karir menyanyinya masih tidak pasti. “Kami memiliki mimpi untuk kembali ke panggung untuk menyanyi, tetapi untuk selanjutnya saya tidak tahu," ungkapnya.

Dion menderita kejang otot yang tidak terkendali selama beberapa waktu. Pada Januari 2022, Dion membatalkan jadwal turnya setelah mengalami kejang yang parah dan terus-menerus.

Pada bulan Desember, dia mengumumkan kepada penggemarnya dan mengatakan sudah lama menghadapi masalah kesehatan, dan sangat sulit baginya untuk menghadapi tantangan ini.

"Sayangnya, kejang ini memengaruhi setiap aspek kehidupan saya sehari-hari, terkadang menyebabkan kesulitan, saat saya berjalan dan pita suara sulit bernyanyi seperti biasanya,” ungkapnya.

Pada bulan Mei 2023, ketika penyakitnya terus berlanjut, dia membatalkan semua tanggal tur berikutnya. Dia mengaku bekerja dengan sangat keras untuk membangun karirnya. 

"Ini akan menjadi hari-hari yang sulit, untuk mengembalikan kekuatan saya, tetapi tur bisa menjadi sangat sulit. Saya tidak akan menyerah,” tuturnya.

Celine Dion pertama kali didiagnosis menderita penyakit ini pada tahun 1956. Sindrom orang kaku adalah kondisi langka yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat diobati.Penyakitnya mempengaruhi tulang belakang dan otak, menyebabkan otot terstimulasi secara berlebihan dan menyebabkan kejang.

Kakak perempuannya menambahkan bahwa banyak orang menghubungi yayasannya untuk memberikan dukungan. Orang-orang mengirimkan cinta dan mendoakannya. Celine Dion menerima begitu banyak pesan, hadiah, salib yang diberkati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro