Restoran pertama milik Carl's Jr di Aneihem Amerika Serikat
Kuliner

Perjalanan Bisnis Carl's Jr yang Resmi Tutup di Indonesia 31 Desember 2023

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 Desember 2023 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Carl's Jr Indonesia telah mengumumkan akan resmi tutup operasionalnya di Indonesia pada 31 Desember 2023 mendatang.

Carl's Jr merupakan restoran siap saji asal Los Angeles Amerika Serikat yang didirikan pada 84 tahun lalu atau tepatnya pada 1941.

Mengutip laman resminya, bisnis ini didirikan oleh Carl & Margaret Karcher yang memulai bisnis dengan meminjam uang senilai US$311 atau hampir Rp5 juta untuk membeli mobil Plymouth mereka.

Mereka menambahkan modal sebesar US$15 dolar dari uang mereka sendiri, untuk membeli kereta hot dog pertama mereka di persimpangan sibuk Florence & Central di Los Angeles, Califronia.

Awalnya, mereka hanya menjual tamale seharga sepuluh sen, cabai anjing dan hot dog, serta soda pop.

Penjualan hari pertama mereka saat itu sebesar US$14,75 atau Rp200 ribuan.

Dalam lima tahun, keluarga Karcher membuka restoran pertama mereka.

Tak disangka bisnis mereka berkembang, dan akhirnya Carl membuka dua restoran Carl’s Jr.® pertama di Anaheim.

Tahun 60an mereka melakukan ekspansi besar-besaran, dimana mengoperasikan 24 gerai Carl's Jr.'s dan membuat Carl Karcher Enterprises, Inc., saat mereka merenovasi semua ruang makan dan menyederhanakan menu.

Pada tahun 1977, mereka telah memiliki lebih dari 200 gerai di California, dan Carl's Jr. menjadi restoran cepat saji pertama yang menawarkan salad bar di 200 lokasi tersebut.

Pada tahun 1979, perusahaan membuka gerai negara bagian pertamanya di Las Vegas.

Pada tahun 80an, Carl's Jr. mengalami ekspansi yang lebih besar, serta diperkenalkannya Western Bacon Cheeseburger yang ikonik pada tahun 1988. Pada akhir dekade ini, terdapat lebih dari 534 restoran, dan Carl's Jr. membuka lokasi internasional pertamanya di Meksiko.

Beroperasi di bawah Carl Karcher Enterprises (CKE), Carl's Jr. melanjutkan dominasi burger dengan membuka lebih banyak lokasi di seluruh negara bagian dan internasional. Pada tahun 1997, CKE mengakuisisi restoran Hardee, memperluas bisnisnya hingga hampir 2.500 lokasi.

Pada tahun 2000-an, Carl's Jr. memperkenalkan beberapa item menu paling ikoniknya, termasuk Six Dollar Burger, Hand-Scooped Milkshake, dan Charbroiled Turkey Burgers .

Selama dekade terakhir, Carl's Jr.  tercatat sebagai QSR pertama yang memiliki burger nabati di semua restoran hingga memperkenalkan burger yang mengandung CBD untuk pertama kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro