Libur Nataru Segera Tiba, Ini Perbedaan Hotel Berdasarkan Rating Bintang. Hotel Meruorah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk acara puncak KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT. Dok Hotel Meruorah.
Travel

Libur Nataru Segera Tiba, Ini Perbedaan Hotel Berdasarkan Rating Bintang

Redaksi
Kamis, 21 Desember 2023 - 21:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi ceruk cuan bisnis perhotelan

Para wisatawan baik lokal maupun asing telah memesan hotel jauh-jauh hari agar tidak kehabisan dan harga per malamnya belum naik.

Namun, masih banyak orang yang hanya mengetahui semakin banyak bintang hotel maka harganya semakin mahal. Memang benar, tetapi ada banyak pembeda antara hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5.

Dilansir dari laman vokasi.kemdikbud.go.id, hotel yang memiliki klasifikasi bintang semakin tinggi maka fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap dan harganya juga lebih mahal.

Berikut ini adalah perbedaan lengkap hotel berdasarkan rating bintangnya:

Hotel bintang 1

Klasifikasi bintang 1 umumnya adalah hotel yang memiliki satu jenis atau tipe kamar dengan jumlah minimal 15 unit saja. Lalu memiliki kamar mandi yang berada dalam kamar dan tidak semua kamar memiliki air conditioner (AC). 

Biasanya hotel ini juga tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus mencari makanan di luar hotel.

Hotel bintang 2

Pada hotel bintang 2, setiap kamarnya akan dilengkapi dengan telepon dan televisi. Hotel ini biasanya memiliki kamar tipe standar minimal 20 unit.

Umumnya hotel bintang 2 memiliki lobi meski tidak terlalu besar atau luas. Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan sarana pengamanan yang lebih memadai dari hotel bintang 1.

Hotel bintang 3

Jumlah kamar standar pada hotel bintang 3 minimal 30 kamar. Pada hotel tersebut sudah memiliki kamar tipe suite yang jumlahnya minimal 2 unit. 

Hotel ini sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi, jasa parkir valey, bar, dan restoran yang menghidangkan makanan untuk sarapan dan makan siang. 

Hotel bintang 4

Untuk hotel bintang 4 jumlah kamar tipe standard minimal 50 kamar dan tipe suite minimal 3 kamar. Hotel ini sudah memiliki kamar mandi dengan pilihan air dingin dan air panas.

Biasanya hotel bintang 4 memiliki fasilitas kolam renang dan juga lobi yang luas. Tidak lupa, hotel ini memiliki staf yang lebih profesional di bidangnya.

Hotel bintang 5

Sebagai kasta tertinggi, hotel bintang 5 memiliki kamar tipe standar minimal 100 unit dan menyediakan kamar tipe siute minimal 4 kamar. Standar pelayanan pada hotel ini sangat tinggi serta memiliki layanan multibahasa. 

Hotel ini menyediakan welcome drink dan daftar wine bagi para tamunya. Fasilitas restoran 24 jam dan makanan dapat dikirim langsung ke kamar. 

(Syahra Fauzia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro