Momen pesta kembang api untuk merayakan Tahun Baru 2023 di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII), Sabtu (31/12/2022). Dok. Berita Jakarta
Health

9 Tips untuk Mengatasi Perasaan Kesepian Saat Musim Liburan

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim liburan Tahun Baru 2024 segera tiba dan sering dikaitkan dengan kegembiraan serta banyak orang yang menantikan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Musim liburan umumnya menjadi ajang kebersamaan dengan keluarga, teman, dan orang terdekat. Namun, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang yang tidak memiliki keluarga dekat.

Terutama bagi orang yang memiliki masalah kesehatan mental, tekanan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial seperti keceriaan dan meriahnya perayaan hari raya dapat memperburuk kecemasan dan depresi menjelang Tahun Baru:

Dilansir dari Healthshots, Selasa (26/12/2023), simak tips untuk mengatasi perasaan kesepian menjelang Tahun Baru:


1. Berlatih rasa kasihan pada diri sendiri

Berlatihlah rasa kasihan pada diri sendiri dan akui bahwa menyendiri selama liburan tidak masalah. Hindari sikap menghakimi dan pembicaraan negatif terhadap diri sendiri dan sebaliknya, bersikaplah baik dan pengertian kepada diri sendiri.


2. Tetapkan ekspektasi yang realistis

Kelola ekspektasi dan sadari bahwa liburan tidak harus sempurna. Lepaskan tekanan masyarakat dan ciptakan harapan yang realistis untuk diri Anda sendiri, dengan fokus pada apa yang memberi Anda kenyamanan dan kegembiraan.


3. Rencanakan kegiatan yang menyenangkan

Sangat penting untuk melakukan hal-hal yang membantu Anda menghilangkan stres dan menikmati liburan. Baik itu membaca buku, menonton film, atau mengejar hobi, rencanakan aktivitas yang berkontribusi positif bagi kesejahteraan Anda. 


4. Hubungi orang terdekat

Sangat penting untuk berbicara dengan teman, keluarga, atau meminta dukungan di jaringan dukungan. Meskipun kehadiran fisik tidak memungkinkan, berhubungan secara virtual dapat memberikan rasa persahabatan dan dukungan emosional.


5. Sukarelawan

Pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan untuk membantu orang lain. Tindakan kebaikan dapat meningkatkan suasana hati Anda dan memberikan rasa tujuan, menciptakan dampak positif pada diri Anda dan orang-orang yang Anda bantu.


6. Berlatih perhatian penuh

Tetap hadir dengan melatih perhatian. Baik melalui meditasi atau sekadar memperhatikan lingkungan sekitar, perhatian penuh dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.


7. Rutinitas perawatan diri

Prioritaskan perawatan diri dengan mempertahankan rutinitas yang teratur. Pastikan Anda cukup tidur, makan dengan baik, dan terlibat dalam kegiatan yang meningkatkan kesehatan fisik dan mental.


8. Refleksi dan menetapkan tujuan

Gunakan waktu sendirian untuk refleksi diri. Tetapkan tujuan pribadi untuk tahun mendatang dan fokus pada peningkatan diri. Hal ini dapat memberikan rasa tujuan dan arah.


9. Cari bantuan profesional jika diperlukan

Jika perasaan kesepian atau kesedihan menjadi parah, pertimbangkan untuk menghubungi profesional kesehatan mental. Di sini Anda dapat mendiskusikan apa yang Anda butuhkan dengan tepat dan dukungan dapat diberikan. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro