Ilustrasi kembang api di malam tahun baru
Travel

10 Tradisi Unik Merayakan Malam Tahun Baru Berbagai Negara di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 31 Desember 2023 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apa rencana Anda merayakan pergantian tahun 2024 hari ini? Berkumpul bersama keluarga, atau hanya menjalaninya seperti hari-hari biasanya?

Banyak cara orang melewatkan momen tahun baru setiap tahunnya.

Bahkan, ada tradisi unik di berbagai dunia yang rutin dilakukan setiap malam pergantian tahun tiba.

Berikut 10 tradisi unik perayaan tahun baru di seluruh dunia

1. Makan 12 Buah Anggur di Tengah Malam, Spanyol

Di Spanyol, diyakini bahwa jika Anda makan satu buah anggur tepat waktu dengan setiap bunyi jam di tengah malam, maka Anda akan diberi keberuntungan dan kebahagiaan di tahun mendatang.

Tradisi ini dimulai pada tahun 1909, ketika terjadi panen anggur dalam jumlah besar di negara tersebut selama musim perayaan, dan Raja memilih untuk memberikan kelebihan hasil panen kepada masyarakat untuk dikonsumsi pada Malam Tahun Baru.

2. Membawa Koper Kosong, Kolombia

Dalam harapan tahun yang penuh dengan perjalanan dan petualangan, sudah menjadi tradisi bagi warga Kolombia untuk berjalan-jalan di sekitar blok pada Malam Tahun Baru dengan membawa koper kosong.

3. Memecahkan Piring dan Melompat dari Kursi, Denmark

Merupakan kebiasaan bagi penduduk Denmark untuk merayakan malam tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas bekas ke pintu keluarga dan teman mereka untuk mengusir roh jahat.

Mereka juga secara kolektif berdiri di atas kursi dan melompat dari kursi tersebut pada tengah malam untuk ‘melompat’ ke bulan Januari dengan harapan mendapat keberuntungan.

4. Menafsirkan Bentuk Logam, Finlandia

Di Finlandia, diyakini bahwa orang dapat memprediksi tahun yang akan datang dengan menuangkan timah cair ke dalam wadah berisi air, dan kemudian menafsirkan bentuk logam tersebut setelah mengeras.

Menurut tradisi, hati atau cincin berarti pernikahan, sedangkan bentuk kapal melambangkan perjalanan. Dipercaya juga bahwa jika Anda melihat bentuk babi maka tahun Anda akan dipenuhi dengan banyak makanan.

5. Patung Pembakaran, Panama

Merupakan tradisi bagi masyarakat Panama untuk mengusir roh jahat dengan membakar patung (muñecos) orang-orang terkenal seperti tokoh TV dan tokoh politik di Panama. Patung-patung tersebut dimaksudkan untuk mewakili tahun yang lama, sehingga memungkinkan orang untuk memulai tahun baru yang baru.

6. Membuang Yang Lama, Afrika Selatan

Sudah menjadi tradisi bagi penduduk Johannesburg untuk berpesta pora dengan membuang peralatan dan peralatan lama ke luar jendela, yang secara harfiah mewakili pepatah 'keluarkan yang lama dan masuklah yang baru.'

7. Bentuk Bulat, Filipina

Pada Malam Tahun Baru, Anda akan menemukan berbagai bentuk bulat di seluruh Filipina, melambangkan koin, yang konon melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Mulai dari memakai bintik-bintik untuk keberuntungan, hingga memajang tumpukan buah bulat di meja makan, hampir mustahil untuk menghindarinya!

8. Mengenakan Celana Dalam Khusus, Brazil

Di Brasil, serta negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, mengenakan pakaian dalam khusus pada Malam Tahun Baru dianggap beruntung. Warna yang paling populer untuk dipakai adalah merah, yang dianggap membawa cinta di Tahun Baru, sedangkan warna kuning dipercaya membawa uang bagi orang-orang.

9. Bawang Gantung, Yunani

Di Yunani, merupakan tradisi untuk menggantungkan bawang di pintu depan rumah Anda pada Malam Tahun Baru sebagai simbol kelahiran kembali di Tahun Baru. Untuk memperingati tahun baru, para orang tua kemudian membangunkan anaknya dengan menepuk kepalanya menggunakan bawang.

10. Makan Banyak, Estonia

Secara tradisional, pada Hari Tahun Baru, orang Estonia mencoba makan tujuh, sembilan, atau dua belas kali sepanjang hari, karena ini semua adalah angka keberuntungan. Dipercaya bahwa semakin banyak mereka makan, semakin banyak pula makanan yang akan datang pada tahun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro