Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan/gofood
Health

Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 6 Januari 2024 - 14:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim hujan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti pilek, batuk dan demam.

Untuk menjaga kesehatan selama musim hujan, dilansir dari Healthshots, Anda juga bisa menghindari makanan yang rentan terhadap penumpukan bakteri.

Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan.

1. Sayuran berdaun

Suhu dan kelembapan musim hujan kondusif bagi pertumbuhan bakteri dan jamur, terutama pada sayuran berdaun hijau. Hal ini dapat menyebabkan infeksi lambung.

Bayam, daun fenugreek, kubis, kembang kol, dll bukanlah sayuran yang sebaiknya Anda makan saat musim hujan. Sebagai gantinya, pilihlah sayuran yang pedas seperti pare, ghiya, tori, dan tinda.

2. Makanan Laut alias seafood

Anda harus menghindari makanan laut seperti ikan dan udang selama musim hujan. Bertanya-tanya kenapa? Ada dua alasan utama. Pertama, keberadaan patogen dan bakteri di dalam air pada musim hujan dapat menginfeksi ikan dan orang yang mengkonsumsinya.

Kedua, musim kawin ini menyebabkan terjadinya beberapa perubahan pada makanan laut yang dapat menimbulkan kerugian.

3. Makanan pedas dan gorengan

Meskipun sesekali menikmati makanan yang digoreng seperti kachoris, pakora, dan samosa boleh-boleh saja, Anda harus menjaga porsi makan Anda karena konsumsi berlebihan dapat mengganggu perut Anda dalam beberapa cara, menyebabkan gangguan pencernaan, diare, dan masalah lainnya.

4. Minuman bersoda

Kelembapan dan keringat cenderung membuat Anda dehidrasi. Jadi perbanyaklah minum air putih agar tetap terhidrasi namun hindari minuman bersoda karena dapat melemahkan sistem pencernaan dan dapat menurunkan mineral dalam tubuh. Anda juga bisa menikmati minuman yang menghidrasi seperti nimbu pani dan jaljeera.

5. Jamur

Jamur tumbuh di tanah yang lembab dan dapat terdapat pertumbuhan bakteri sehingga meningkatkan risiko infeksi setelah dikonsumsi, terutama pada musim hujan. Jadi lebih baik katakan tidak pada jamur di musim hujan!

6. Makanan mentah

Mengonsumsi makanan mentah menawarkan masuknya patogen secara instan yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan Anda karena infeksi bakteri dan virus, sementara memasak makanan membantu membunuh bakteri berbahaya.

7. Dadih

Mengonsumsi dadih di musim hujan terbukti berbahaya bagi tubuh karena sifat makanannya yang sejuk. Faktanya, jika Anda sudah menderita sinusitis, hindari produk susu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro