Pertama di Dunia, Golongan Darah P Ditemukan di China
Health

Pertama di Dunia, Golongan Darah P Ditemukan di China

Mia Chitra Dinisari
Senin, 8 Januari 2024 - 16:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - China menemukan golongan darah P yang langka dan pertama kali ditemukan di dunia.

Temuan ini diungkap berdasarkan hasil deteksi dalam sampel golongan darah yang sangat langka di sebuah rumah sakit di China timur, menurut laporan berita Tiongkok.

Modern Express Post dilansir dari SCMP melaporkan pada hari Sabtu bahwa urutan nukleotida yang sebelumnya tidak diketahui pada seseorang dengan golongan darah langka p, subtipe dari golongan darah P, ditemukan selama tes darah rutin tahun lalu di sebuah rumah sakit di Taizhou, provinsi Jiangsu.

Hanya ada sekitar selusin kasus yang terdokumentasi mengenai orang-orang dengan golongan darah P di Tiongkok, jenis yang frekuensinya lebih rendah dari satu dalam sejuta, menurut laporan tersebut.

Dikatakan bahwa staf di Rumah Sakit Rakyat Taixing menyerahkan urutan genetik ke database urutan GenBank, sebuah koleksi akses terbuka yang dikelola oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat.

Pada bulan Desember, pusat AS mengatakan urutan nukleotida yang ada dalam sampel belum pernah terdeteksi sebelumnya di mana pun di dunia. Nukleotida adalah salah satu dari banyak molekul kecil yang membentuk DNA dan RNA, asam nukleat yang membawa informasi genetik.

Urutan tersebut telah diberi nomor seri OR900206 dalam database gen manusia.

Golongan darah P ditemukan pada tahun 1927, dan sampel dapat dikategorikan menjadi lima subtipe, bergantung pada antigen pada permukaan sel darah merahnya.

P1 dan P2 lebih sering terjadi, sedangkan P1k, P2k, dan p sangat jarang.

Dalam pengujian, golongan darah P mudah terlewatkan karena tidak dapat diambil oleh reagen yang ada untuk golongan darah ABO dan Rh.

Cao Guoping, spesialis transfusi yang mendeteksi sampel langka tersebut, mengatakan bahwa bagi individu dengan golongan darah yang tidak biasa ini, deteksi dini membantu mereka mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk transfusi darah dan potensi krisis terkait.

Misalnya, golongan darah p hanya dapat menerima transfusi dari jenis yang sama.  Hal ini terutama terjadi selama kehamilan.

Sebagian besar penduduk dunia termasuk dalam sistem golongan darah ABO dan Rh, namun ada golongan darah lain yang kurang umum, seperti sistem antigen Hh/Bombay serta golongan darah P.

Golongan darah Rh null, juga dikenal sebagai golongan darah “emas”, tidak mengandung antigen Rh dalam sel darah merahnya.

Di Tiongkok, darah dengan Rh-negatif, juga dikenal sebagai “darah panda”, terdapat pada sekitar 0,4 persen populasi.

Sekitar 100 orang di Tiongkok memiliki golongan darah Hh/Bombay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro