Segini Jumlah Air Putih yang Ideal Diminum untuk Turunkan Berat Badan/Mens Health
Health

Segini Jumlah Air Putih yang Ideal Diminum untuk Turunkan Berat Badan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Januari 2024 - 21:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa dari Anda yang punya resolusi tahun 2024 turunkan berat badan? Kemungkinan jawabannya banyak.

Alasannya beragam. Mulai dari alasan kesehatan hingga penampilan. Karena kelebihan berat badan memang kurang baik bagi kesehatan

Memiliki terlalu banyak lemak di satu area tubuh bisa sangat berbahaya. Lemak visceral adalah jenis lemak yang disimpan jauh di dalam perut, sering kali membuat orang memiliki perut buncit atau lebih terlihat seperti “berbentuk apel”.

Sejumlah kecil lemak visceral diperlukan untuk melindungi dan melindungi organ-organ Anda, tetapi jika terlalu banyak diketahui secara signifikan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Karena itu penting menjaga agar tubuh tetap ideal dan mencegah lemak.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta menjalankan rutinitas olahraga yang konsisten adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Namun, selain makanan, air juga bisa membantu diet Anda lho.

Menurut para ahli kesehatan, meningkatkan asupan air harian juga dapat membantu membakar lemak perut dan melindungi organ vital kita.

Namun, ini bukan berarti air dapat digunakan sebagai alternatif makanan agar cepat “kenyang”.

Sebaliknya, Anda harus meningkatkan asupan air sebagai bagian dari perubahan gaya hidup jangka panjang untuk mendorong penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrición Hospitalaria pada tahun 2019 menemukan bahwa minum cukup air dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan.

Secara keseluruhan, hal ini dapat menurunkan risiko kenaikan berat badan dalam jangka panjang.

Dan berbicara kepada Men’s Health, ahli diet olahraga Kelly Jones mengatakan: "Bersamaan dengan makanan dan camilan yang seimbang, hidrasi yang cukup dapat membantu Anda lebih mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang, membantu tubuh Anda mencapai berat badan yang diharapkan seiring berjalannya waktu."

Tapi berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari?

NHS menyatakan Anda harus minum enam hingga delapan cangkir cairan sehari – termasuk teh, kopi, dan secangkir sup.

"NHS merekomendasikan agar kita minum enam hingga delapan gelas air per hari, dan kuncinya adalah mulai minum di pagi hari dan terus melakukannya secara teratur sepanjang hari.

Ini tidak harus dikonsumsi sebagai air biasa dan dapat mencakup susu rendah lemak dan/atau minuman rendah gula atau bebas gula seperti minuman ringan rendah gula, teh dan kopi.

Namun mengganti minuman manis dengan air putih merupakan salah satu cara untuk membantu mempercepat upaya penurunan berat badan.

Anda juga harus membatasi jus buah dan smoothies maksimal satu gelas kecil (150ml) sehari dan diminum setelah makan, “karena mengandung banyak gula”.

Jika Anda tidak minum cukup cairan, Anda akan mulai mengalami dehidrasi.

Urine yang berwarna gelap dan berbau tajam merupakan tanda dehidrasi dan dapat digunakan sebagai indikator bahwa kita perlu minum lebih banyak.

Untuk menurunkan berat badan, NHS juga menyarankan berolahraga setidaknya 150 menit seminggu dan makan lima buah dan sayuran sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro