Manfaat minum air putih/Mens Health
Health

Cara Mengatasi Keracunan Makanan, Perbanyak Minum Air Putih

Choirul Anam
Kamis, 18 Januari 2024 - 15:07
Bagikan

Bisnis,com, MALANG— Saat saudara dan teman Anda mengalami keracunan, maka hal pertama yang paling pertama dilakukan adalah memberikan banyak air putih untuk mengeluarkan zat yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh. 

Dosen Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Indah Dwi Pratiwi, mengatakan makanan  menjadi sumber untuk manusia mendapatkan nutrisi yang akan diolah menjadi energi.

Salah memilih makanan, bisa menyebabkan keracunan bagi seseorang bahkan kematian jika tidak segera ditangani. Dia mengatakan setiap orang wajib mengetahui dan berhati-hati memilih makanan. Banyak orang  yang mengalami keracunan makanan karena disebabkan oleh hal-hal kecil yang tidak disadari.

“Pemicu bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan yang terkontaminasi oleh bakteri, virus, parasit, makanan yang sudah kadaluarsa, proses pembuatan yang kurang higienis, dan proses pengolahan makanan yang kurang memperhatikan kebersihan, " ungkap Indah, Kamis (18/1/2024).

Orang dewasa dengan daya tahan tubuh atau imunitas yang baik, kata dia, akan lebih kuat menghadapi zat asing ini. Hal ini berbeda dengan tiga golongan lainnya, yakni bayi, lansia (65 tahun ke atas) dan orang dengan kondisi imunitasnya rendah. Keracunan makanan dapat menyebabkan efek negatif dan fatal bagi mereka.

Gejala saat seseorang keracunan, yakni  makanan secara umum adalah pusing, lemas, mual, muntah, dan diare. Jika mengalami hal ini, penanganan awal yang dapat dilakukan adalah memastikan semua makanan yang terpapar bakteri tersebut keluar dari tubuh. 

“Tubuh secara otomatis mempunyai mekanisme untuk mengeluarkan zat yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh. Proses pengeluaran inilah harus di-support dengan minum air yang banyak, istirahat yang cukup. Saat gejalanya sudah mulai reda, sebaiknya tidak makan makanan yang mengandung iritatif. Sebaiknya mengkonsumsi makanan sejenis roti atau crackers terlebih dahulu," ujarnya.

Untuk pasien yang tidak bisa mentoleransi rasa mual, maka salah satu terapi pharmacology  adalah pemberian obat anti mual supaya memberikan rasa nyaman. Namun kembali lagi bahwa mual dan muntah adalah proses pengeluaran bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Maka hal itu adalah umum terjadi.

Dia menekankan pula, dari banyaknya kasus kematian karena keracunan makanan itu bukan disebabkan oleh bakterinya, melainkan dehidrasi yang tidak tertolong karena tidak adanya pergantian cairan pada tubuh terutama pada ketiga golongan di atas.

 “Maka dari itu memastikan untuk hidrasi tubuh saat mengalami keracunan makanan adalah aspek penanganan yang paling penting," ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro